Home » » latar belakang pendidikan kewaraganegaraan

latar belakang pendidikan kewaraganegaraan

Written By Haris Ahmad on Thursday, January 20, 2011 | 12:40 PM

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

Semangat perjuangan bangsa yang merupakan kekuatan mental spiritual telah melahirkan kekuatan yang luar biasa dalam masa perjuangan.sedangkan dalam era globalalisasi masa kini dan masa yang akan datang kita memerlukan perjuangan non fisik yakni denagn kegitan pendidikan bagi setiap warga negara indonesia umumnya mahasiswa yang sebagai calon cendikiawan pada khususnya melalui pendidikan kewarganegaraaan.

TUJUAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

Untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara,bersikapa dan berperilaku yang cinta tanah air serta bersendikan kebudayaan bangsa,wawasan nusantara,serta ketahanan nasional dalam diri para mahasiswa calon sarjana yang sedang mengkaji dan akan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni.

LANDASAN HUKUM

• undang – undag no.2 tahun 1989 tentang system pendidikan nasional.


PENGERTIAN BANGSA DAN NEGARA

BANGSA adalah orang- orang yang memiliki kesamaan keturunan adat istiadat,bahasa dan wilayah, atau bisa di sebut sekumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan adat istidat atau bahasa dalam wilayah tertentu yang terdapat di muka bumi.
Jadi bangsa Indonesia adlah sekumpulan wraga Negara yang memiliki kesamaan dan menyatakan dirinya sebagai bangsa serata berproses di suatu wilayah kesatuan atau nusantar Indonesia.




NEGARA adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang sama-sama mendiami sutu wilayah tertentu dan mengetahui adanya pemerintah yang mengatur ketertiban dan keamaan serta keselmatan setiap penduduknya.


Teori terbentuknya suatu Negara.

• teori hokum alam ( plato dan aristoteles )



• teori ketuhanan.

Segala sesau adlah ciptaan tuhan termasuk adanya Negara. 
• teori perjanjian ( thomas hobbes )

Manusia menghadapi kondisi alam dn imbullah kekerasan manusia akan musnah bila ia tidak mengubah cara-caranya . maka manusiapun bersatu (membenk negara) ntuk mengatasi tanangan dan menggunakan persatuan dalamgerak tunggal untuk kebutuhan bersama.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger