Home » » Review Perang Tablet, iPad (IOS) ,PlayBook (Blackberry) & Xoom (Android)

Review Perang Tablet, iPad (IOS) ,PlayBook (Blackberry) & Xoom (Android)

Written By haris on Friday, February 4, 2011 | 4:07 PM



OS
Ini perbedaan terbesar.
Motorola Xoom memilih Android 3.0 Honeycomb, iPad tentu saja berlari dengan iOS sementara PlayBook beramunisikan platform BlackBerry yang ber-QNX based. 
Menurut review para ahli, geliat PlayBook perlu diwaspadai dan mampu mengubah peta permainan. Seberapa perubahannya akan dapat dilihat ketika tablet andalan RIM ini resmi rilis di pasaran.



Prosesor
Semuanya memakai prosesor ARM-based silicon.
iPad nyaman dengan prosesor A4 kreasi Apple dengan clock speed 1 GHz. Xoom menggenjot Nvidia Tegra2 dual-core yang mampu menghadirkan video 720p atau mengirimkan 1080p full HD ke TV HDMI.
Sementara PlayBook mengeslot prosesor Cortex-A9 dual-core dengan speed 1 GHz. Merek prosesor PlayBook kemungkinan Nvidia Tegra2.

Layar

Xoom punya display 10,1 inci dengan resolusi 1280x800 pixels. PlayBook hanya berukuran 7 inci dan navigasi layar sentuhnya hingga ke bezel. Performa screen PlayBook dan Xoom lumayan mengesankan ketika dites di bawah sinar matahari.
Resolusi PlayBook tak kalah dengan iPad yang mengandalkan layar 9,7 inci 1024x768 pixels. Kendati kalah besar, resolusi PlayBook justru lebih dalam. Tajam dan ‘bergizi’. Tambah cemerlang ketika memutar video HD 1080p.






Storage
Xoom punya slot MicroSD, namun Android 3.0 Honeycomb belum mensuportnya. Secepatnya OS Google itu memberi izin, Motorola bakal mampu menggunakan kapasitas eksternalnya hingga 32 GB. iPad seperti diketahui tak mendukung segala macam slot eksternal. sementara PlayBook akan keluar dengan flash storage dari 16, 32 hingga 64 GB. Belum ada konfirmasi apakah mendukung memori eksternal atau tidak.


RAM
PlayBook punya RAM 1 GB, sama seperti Xoom. iPad berada di belakangnya. Agak jauh, karena tablet Apple itu hanya punya system memory sebesar 256 MB.
BlackBerry PlayBook: mampu mengubah pasar tablet dunia?




Kamera
iPad memang tak punya kamera dan itu akan berubah begitu iPad 2 rilis ke pasaran. Xoom memiliki 2 kamera, depan 2 MP dan belakang 5 MP dengan kemampuan rekam video 720p. Ditambah lagi, LED Flash kamera Xoom ada 2 buah. PlayBook juga mengeslot 2 kamera. Depan 3 MP dan belakang 5 MP



Konektivitas
Tiga supertablet mendukung network 3G. Spekulasinya, PlayBook akan keluar dengan versi WiFi sebelum edisi 3G rilis setelahnya. iPad juga punya versi WiFi only. Sepertinya juga akan keluar Xoom 2 versi. Versi selain 3G adalah edisi 4G network di Amerika. Semua supertablet itu mendukung WiFi a/b/g/n.
Xoom dan PlayBook mensuport output TV HDMI.

Di lain pihak, iPad mendukung AirPlay. Sebuah teknologi wireless streaming via Apple TV.
Tiga tablet ini punya koneksi Bluetooth 2.1 dengan dukungan GPS. Juga, headphone jack 5,3 mm.
Xoom dan PlayBook punya port Micro USB dimana iPad tetap pada trusted Apple dock connector.
PlayBook bisa dipasangkan via Bluetooth dengan smartphone BlackBerry untuk mendapatkan interaksi penuh email, calendar, docs, dan BBM.



Location & Sensors
Ketiganya memiliki accelerometer dan compass plus Assisted GPS dalam varian 3G-nya.
Xoom juga punya feature gyroscope dan barometer untuk mengukur tekanan angin dan atmosfer. Sepertinya, feature gyroscope juga dimiliki PlayBook.



Harga
Rumornya, Xoom dibanderol 720 pounds atau sekitar Rp 10,8 juta (kurs Rp 15.000). Andrew Moreley, VP International Marketing Motorola, menegaskan Xoom merupakan tablet premium dengan harga yang juga premium. Sisi inilah yang jadi celah keunggulan iPad yang banderol terendahnya adalah Rp 4,8 juta. Sementara harga PlayBook masih belum diketahui.



Dimensi
PlayBook berlayar 7 inci berketebalan 9,7 mm dan berat lebih dari 400 gram. Sementara 10.1-inch Xoom dilaporkan berbobot sekitar 730 gram dengan ketebalan 13 mm. Berat Xoom sama dengan iPad yang punya ketebalan 13,4 inci.



Kompatibilitas
iPad tidak mensuport Flash, sebaliknya dengan Android 3.0 dan OS tablet ala RIM. Selain Flash 10.1, PlayBook juga mendukung Adobe Air.
Ketiga tablet ini telah kompatibel dengan HTML 5.

Siapa pemenangnya? Andalah yang menentukan siapa juaranya.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger