Home » » Nokia 5530 XpressMusic

Nokia 5530 XpressMusic

Written By Haris Ahmad on Tuesday, February 16, 2010 | 4:28 PM



Musik Apik Layar Sentuh Menarik

Seri ini adalah generasi kedua seri musik dengan layar sentuh. Dikemas dengan tampilan yang berbeda dari pendahulunya. Musiknya makin oke ditambah game balap mobil dengan grafis 3D.
Sepertinya Nokia tak pernah kehabisan napas dalam mengembangkan serial ponsel musiknya. Tengok saja seri baru yang dirilis vendor Finlandia ini untuk kategori musik, seri 5530. Anggota baru serial XpressMusic Nokia ini hadir dengan konsep full touch screen, yang diperkuat dengan sensor accelerometer, yang memungkinkan posisi tampilan layar berubah mengikuti pergerakan badan ponsel.

Selain itu, seperti tak mau ketinggalan mengikuti tren jejaring social yang lagi marak di sini, seri ini juga dibekali dengan fitur-fitur akses social networking, semacam Facebook, Friendster, Hi5, YouTube, dan MySpace. Belum lagi dengan fitur khas Nokia, semacam Nokia Email. Meskipun, untuk akses jejaring social itu kurang maksimal karena tak didukung jaringan 3G atau HSDPA. Kapasitas jaringannya hanya sampai EDGE. Tapi itupun tak perlu khawatir pula, karena ponsel ini sudah berbekal Wi-Fi, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk akses internet yang lebih cepat.

DESAIN
Bodinya memanjang ke bawah dan terlihat minimalis. Tak ada tombol satupun yang menonjol di bagian depan, karena memang untuk navigasinya mengadopsi teknologi layar sentuh (full touch). Dual speaker stereo terpasang di bagian atas dan bawah layar. Untuk jalur keluarnya suara diberi lubang-lubang kecil seperti titik-titik, sehingga dapat mengalirkan suara dengan baik. Seri musik ini tak dibekali tombol khusus untuk pemutar musik (dedicated key), tapi kita bisa mengatur ikon pemutar musik (shortcut) di home screen.
Pengujian: Meneliti badan ponsel dan detail port yang ada di sekeliling ponsel
Nilai:3,2
Catatan: Terdapat tombol khusus untuk membuka dan mengunci layar di sisi kanan.

PEMUTAR MUSIK
Sebagai ponsel musik, seri 5530 ini tak perlu diragukan lagi soal kemampuannya sebagai perangkat pemutar musik portable. Suara yang dihasilkan begitu terjaga keseimbangan dan kejernihannya. Anda tak perlu ragu menyetel musik rock yang hingar bingar sekalipun, pada posisi volume maksimal. Suara yang keluar tetap terjaga dan tidak pecah. Nokia mendesain tampilan antar muka pemutar musiknya dengan baik, cover album digital bisa dipajang dengan jelas. Selain itu informasi lagu yang sedang diputar cukup lengkap, seperti penyanyi, judul lagu, dan albumnya. Mendukung beragam format musik seperti: .mp3, SpMidi, AAC AAC+, eAAC+, dan WMA.
Pengujian: Memutar musik dengan volume maksimum
Nilai: 3,3
Catatan: Memiliki port audio dengan standar 3,5 mm

KAMERA
Meski bukan fitur utama, fitur kamera tetap tampil optimal. Dibekali lensa kaliber 3,2 Mpix, dengan dukungan fasilitas optimalisasi kamera yang juga lengkap, seperti setting white balance, contrast, effect, exposure, flash light, red eye, dan lain-lain. Ketika dipakai untuk memotret obyek di luar ruang dengan kondisi cuaca cerah, hasilnya memang memuaskan.
Pengujian: Memotret dan rekam video pada kondisi outdoor dan indoor.
Nilai: 3,2
Catatan: Hasil foto bisa dipermak dengan template lucu-lucuan, seperti talk bubble, clip art kue ultah, pohon, buah-buahan, dan lain-lain.

INTERNET BROWSER
Kehandalan browser khas Nokia adalah mendukung beberapa format halaman web, seperti HTML, XHTML, dan XML, serta mendukung protokol HTTP dan WAP. Dukungan inilah yang membuat berselancar internet di layar Nokia 5530 XpressMusic cukup nyaman. Kita bisa memilih jalur koneksinya, melalui GPRS/EDGE atau WLAN/WiFi di suatu hotspot. Untuk lebih mempercepat berselancar, kita bisa menon-aktifkan munculnya gambar/image, jadi hanya teks saja yang muncul. Sama seperti browser di PC desktop, browser Nokia inipun memiliki fasilitas bookmark, cache, cookies, form, history, dan lain-lain.
Pengujian: Browsing dengan akses Wifi atau GPRS/EDGE dengan salah satu kartu operator.
Nilai: 3,4
Catatan: Dapat menampilkan halaman web dengan mode full screen.

EMAIL
Mendukung protokol email seperti POP, IMAP, dan SMTP. Untuk memasukkan akun email yang telah kita miliki, dipermudah dengan setting wizard. Misalnya untuk akun Yahoo!Mail dan Gmail, kita hanya perlu memasukkan username dan password, selanjutnya setting otomatis akan berjalan. Setelah itu akun email siap digunakan untuk menerima dan mengirim email dengan dukungan attachment beberpa format file.
Pengujian: Menarik email dan membuka attachment foto
Nilai:3,5
Catatan: Urutan email di inbox bisa dipilah-pilah berdasarkan tanggal.

LAYAR
Layar Nokia 5530 XpressMusic cukup memberi kenyamanan. Ukuran diagonalnya 2.9 inci dan ketajaman warna 16 juta warna. Selain itu didukung dengan resolusi 640 x 360 pixels yang terlihat jernih ketika menampilkan gambar foto, video, dan dipakai main game 3D. Teknologi layar sentuh yang disandangnya tergolong responsif ketika dicoba mengetik SMS dan fitur lainnya. Accelerometer yang menyertainya dapat membuat layar berorientasi otomatis, horisontal maupun vertikal.
Pengujian: Menampilkan foto dan video pada lokasi indoor.
Nilai: 3,4
Catatan: Rasio layar cenderung terlihat melebar.

PEMUTAR VIDEO
Pandai merekam video, pastinya dilengkapi pula dengan aplikasi pemutar video. Akan lebih baik menonton video dengan posisi horisontal, karena kesannya jadi seperti menonton video dengan aspek rasio widesceen, meski layarnya mungil. Aplikasi pemutar video yang telah terinstal adalah RealPlayer yang mendukung video codec mp4 dan dan 3gp. Berkat fasilitas pendukung video editor, hasil rekaman dapat disunting lagi, seperti penggabungan video dan image, sound, menambah text, atau memotong sebagian (cut). Dilengkapi pula dengan streaming video yang dapat mengakses YouTube.
Pengujian: Menambahkan text pada salah satu berkas video hasil rekaman kameranya.
Nilai: 3
Catatan: Cukup lancar memutar salah satu video di YouTube, asalkan koneksi internetnya cepat dan stabil.

SHARE ONLINE
Adalah fitur khusus untuk berbagi berkas yang ada di ponsel seperti image dan video ke situs tertentu seperti Ovi, Flickr, dan Vox. Tapi, sebelumnya kita harus memiliki akun terlebih dahulu pada salah satu layanan tersebut. Pada uji coba, dilakukan akses ke Flickr dengan akun yang telah dimiliki sebelumnya. Selanjutnya, kita bisa upload foto dan video dari ponsel ke layanan tersebut.
Pengujian: Meng-upload foto sebesar 483 kb ke layanan Flickr dengan waktu 1 menit lebih
Nilai: 3,25
Catatan: Kecepatan tersebut tergantung dari koneksi data operator atau WiFi.

GAMES
Pada unit sample yang kami uji coba telah disediakan 2 (dua) game seru dan cukup populer, yaitu Bounce dan Global Race Raging Thunder. Kedua game ini bisa dimainkan dengan sensor gerak accelerometer. Untuk game Bounce, mengarahkan bola ke kiri ke kanan dengan menggoyang ponsel ke arah tersebut pada posisi landscape. Sementara Game balap mobil Raging Thunder bisa memacu adrenalin saat terlibat kebut-kebutan di sirkuit dalam kota. Ada beberapa pilihan, yaitu, arcade, championship, dan time attack. Mau cari lawan kebut-kebutan? Tentu bisa, karena ada pilihan untuk multiplayer. Kita bisa mengundang lawan lewat koneksi bluetooth sesama pemain game ini.
Pengujian: Memainkan kedua game dengan beberapa pilihan mode.
Nilai: 3,3
Catatan: Bermain game dengan sensor gerak cukup menguras baterai.

KONEKTIVITAS
Konektivitas yang menempel pada Nokia 5530 XpressMusic terbilang lengkap, mulai dari bluetooth, kabel data USB, dan WiFi. Sayangnya untuk koneksi internet baru terbatas pada EDGE. Saat pengujian, ketiga konektivitas tersebut berjalan lancar. Bila menggunakan kabel data begitu dicolok ke PC/laptop tersedia pilihan PC Suite, Mass Storage, Image Transfer, dan Media Transfer.
Pengujian: Mentransfer data lewat kabel data dengan mode mass storage.
Nilai: 3,3
Catatan: Lebih cepat dan stabil menggunakan kabel data saat mentransfer data.

KINERJA
Menguji ponsel ini, tentu yang pertama kali dilihat adalah kemampuannya sebagai perangkat pemutar musik, yang ternyata terbukti memang yahud. Berikutnya adalah melihat kinerja fitur lain, termasuk kemampuannya sebagai perangkat penghubung ke dunia maya, yang juga tidak mengecewakan. Sebagai perangkat telekomunikasi? Tak ada persoalan dengan kemampuannya dalam mendeteksi dan menangkap sinyal yang ada.

KINERJA BATERAI
Berbekal baterai dengan kapasitas 1000 mAh, rasanya masih kurang jika penggunanya tergolong gamer kelas berat. Dalam masa pengujian, ponsel ini mampu bertahan sehari saja dengan pemakaian yang tergolong berat, yaitu game mobil, musik, dan cek email.

HASIL AKHIR: 3,2

Hasil Pengujian Audio :
Music : 92.7 dB
Ringtone : 94.8 dB
Human Voice : 88.4 dB

selular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger