Home » » Motorola Aura

Motorola Aura

Written By Haris Ahmad on Saturday, February 13, 2010 | 5:42 PM






Desain Mewah Tapi Fitur Biasa Saja
Kecermatan produk jam Swiss menjadi inspirasi Motorola Aura. Meski desainnya mewah, fitur bawaannya terkesan biasa-biasa saja.
Saat vendor ponsel merilis ponsel mewah, kadang fiturnya malah bukan yang mutakhir. Tak terkecuali Motorola yang baru meluncurkan seri Motorola Aura. Ponsel ini hadir dengan desain swivel, mirip Motorola V70 yang hadir pada tahun 2000-an. Bedanya, Aura menggunakan bahan material kelas wahid seperti stainless steel berlapis tungsten carbide yang biasa dipakai melapis suku cadang di mobil formula satu. Selain itu, ada layar berbahan sapphire crystal 62 karat yang dikenal sebagai material anti gores nomor satu di dunia.
Sentuhan mewah lainnya adalah pemasangan 130 bola bearing untuk membuka keypad menjadi mudah, senyaman membuka pintu di mobil mewah. Motorola mengklaim saat pengujian pemutaran ke 100 ribu kali, keadaannya masih sama persis ketika Aura diputar pertama kali. Sayang, Motorola tidak menggunakan pemutaran mekanis dengan memencet satu tombol. Tapi ini terobati karena cukup menekan dengan satu jari, lipatan sisi Aura bisa berputar 180 derajat dalam waktu dua detik.
LAYAR
Layar Aura menggunakan bentuk bulat dengan diameter 3,94 mm. Bila diraba terasa layar cembung di tengah-tengah. Penggunaan bahan sapphire crystal membuat tampilan layar 16 juta warna dengan resolusi 480 pixels (diameter) ini terlihat oke. Bahkan, bila kita menggunakannya di luar ruangan, ketajaman layar masih terjaga. Layar bulat juga memberi efek unik saat kita menikmati foto hasil bidikan, karena foto bisa tampil dalam bulatan utuh.
Pengujian : Mengoperasikan ponsel di luar ruangan dalam keadaan cuaca mendung
Nilai : 3,8
Catatan : Gunakan fasilitas full screen untuk menikmati foto dalam layar bulat utuh.
AUDIO
Motorola membekali Aura dengan pemutar musik berfasilitas cukup komplet mulai dari pengaturan equalizer, shuffle, loop, hingga dukungan ke bluetooth A2DP. Ketika dicoba untuk mendengarkan satu file musik menggunakan speaker luar, efek treble mendominasi sedangkan bass tidak keluar sempurna. Penggunaan speaker tunggal yang berada di cover belakang bagian bawah membawa konsekuensi saat ponsel diletakkan menghadap kita maka lubang speaker akan tertutupi sehingga suara tidak keluar maksimal.
Pengujian : Memutar satu file lagu Tomorrow dari Silverchair
Nilai : 3
Catatan : Tidak ada port audio universal 3,5 mm dan tombol shortcut ke musik
KAMERA
Kelengkapan foto ditegaskan dengan penggunaan kamera 2 Mpix tanpa flash. Kamera ini bisa berfungsi sebagai alat foto dan perekam video. Beberapa fasilitas melengkapi fitur kamera ini seperti zoom hingga 4x dan multishot hingga 8x. Pengaturan sensivitas sensor kamera pada cahaya yang diukur dengan ISO tidak ditemukan di Aura. Sebaiknya, untuk bereksplorasi dengan fitur kamera pastikan pencahayaan yang cukup.
Pengujian : Memotret dengan resolusi maksimal di luar ruangan dengan keadaan cuaca mendung
Nilai : 3.1
Catatan : Tidak ada tombol shutter kamera di sisi badan ponsel
VIDEO RECORDER
Fasilitas video memungkinkan kita bisa merekam momen penting menggunakan Aura. Resolusi maksimal yang tersedia adalah 176 x 144 pixels dengan format rekaman 3gpp. Dari pengujian saat merekam video dengan pencahayaan minim, ketika video dipindah ke komputer terlihat rekaman tidak tajam. Delay gerakan tubuh yang terlihat juga tidak kentara, sementara suara bisa terekam dengan baik.
Pengujian : Merekam video di dalam ruangan
Nilai : 3
Catatan : Durasi rekam bergantung pada ketersediaan memori internal
INTERNET
Berselancar ke dunia maya berjalan lancar berkat koneksi EDGE kelas 12. Meskipun akses via EDGE bukan yang terbaik, tapi lumayan saat digunakan untuk bereksplorasi ke situs WAP operator. Ketersediaan auto setting internet membuat pengguna Aura bisa mengakses internet lebih nyaman. Browser yang disertakan ke dalam Aura juga memungkinkan tampilan situs bisa pas di layar.
Pengujian : Masuk ke situs WAP operator, dalam waktu lima detik langsung tersambung
Nilai : 3
Catatan : Setting auto konfigurasi bisa dibuka di menu browser
KONEKTIVITAS
Untuk koneksi ke perangkat lain, tersedia sambungan kabel dan nirkabel. Kalau sambungan nirkabel, Aura mengunggulkan Bluetooth 2.0. Saat dicoba menghubungkan Aura dengan laptop via bluetooth dan mengirim file foto dari Aura ke laptop, prosesnya gampang. Dalam waktu 43 detik satu file foto ukuran 662 Kb pindah dari ponsel ke laptop.
Pengujian : Mengirimkan file musik dari laptop ke ponsel dan file foto dari ponsel ke laptop
Nilai : 3
Catatan : Sebaiknya saat memasukkan password ketika bonding gunakan empat digit angka. Kalau menggunakan dua digit saja, bluetooth Aura akan menolak
MEMORI
Aura memang mengandalkan memori internal saja tanpa memori eksternal. Meski begitu, dengan kapasitas 2Gb, memori internal bisa menampung cukup banyak dokumen. Baik foto, video, maupun berkas musik berbasis MP3. Memang sedikit unik, dengan desain mewah ponsel ini ternyata malah tak melengkapi diri dengan slot memori eksternal.
Pengujian : Mengeksplorasi submenu media finder untuk memastikan kapasitas memori yang masih tersisa.
Nilai : 3
Catatan : Beberapa aplikasi seperti rekam video memperlihatkan berapa durasi video yang bisa direkam dan merujuk pada sisa kapasitas memori internal.
Kinerja
Sebagai ponsel mewah, Aura memang berangkat dengan bekal bahan material nomor wahid nan istimewa. Tetapi, fitur yang menyertai Aura boleh dibilang biasa saja karena beberapa fitur terkini seperti HSDPA, Wi-Fi ataupun memori eksternal tidak disertakan. Adopsi teknologi CrystalTalk yang diyakini Motorola mampu menghasilkan suara yang bening dan berkurang noise-nya saat berbicara memang terbukti. Tapi, sekali lagi, kejernihan itu juga bergantung pada kondisi jaringan operator.
Test Audio
Music90,2 dB
Ringtone 89,5 dB
Human Voice87,1 dB
Kinerja Baterai
Data Vendor
Motorola menggunakan baterai BC50 berkapasitas 810 mAh. Baterai ini mampu bertahan hingga 400 jam waktu bicara dan 7,3 jam waktu siaga.
Hasil Pengujian
Dari pengujian, ponsel ini bisa bertahan hingga tiga hari penggunaan. Kondisi pemakaian normal, digunakan sesekali untuk mengirim file lewat bluetooth dan memutar musik.
Skor Akhir : 3,2
selular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger