Home » » Samsung GT-C6625

Samsung GT-C6625

Written By Haris Ahmad on Saturday, February 13, 2010 | 5:50 PM







Fancy Qwerty Bar
Meski tak berbekal WiFi, Samsung seri satu mencoba tampil memikat dengan desain yang desain yang fancy. Kemampuan internet explorer, paket bundling data dan email wizard menjadi andalan ponsel berjuluk Valencia ini.
Tak selamanya sebuah smartphone tampil dengan balutan desain yang elegan, mature dan techy. Besutan baru dari Samsung yang diberi seri GT-C6625 mencoba mendobrak pakem tampilan smartphone. Bentuknya yang bulky dan jajaran qwerty keypad, masih menunjukkan identitas smartphone, tapi pilihan warnanya yang “gaul” membuat ponsel ini tampil fancy, seperti warna-warna yang disukai kaum remaja.
Ponsel yang harga bandrolnya di bawah Rp 3 juta ini punya beragam fitur menarik besutan Windows Mobile standard. Sesuai dengan khitahnya sebagai ponsel cerdas, Valencia disiapkan untuk keunggulan email, social networking dan chatting. Untuk menunjang fungsi andalan tersebut, C6625 dibekali akses internet 3G dan HSDPA (high speed downlink packet access). Setting email dengan cepat bisa juga dilakukan dengan menu email wizard. Fitur lain yang melengkapi dan cukup menarik seperti internet sharing, built in GPS dan FM radio. Dengan basis sistem operasi Windows Mobile menjadikan C6625 mudah melakukan kustomisasi untuk beberapa fitur dan menu.
DESAIN
Bentuknya sih biasa-biasa saja, kotak bulky khas ponsel qwerty. Yang membuatnya beda adalah paduan dan pilihan warna yang digunakannya. Itu membuat Valencia tampil fancy. Dengan pilihan warna seperti itu, nampaknya Valencia diposisikan sebagai samrtphonenya kaum muda. Kalu betul begitu, rasanya Valencia kurang “genit”. Kalau mau, sekalian memakai paduan warna cerah dan solid, ketimbang memakai unsur warna metalik –seperti pada ponsel yang diuji, memakai warna biru bavy metalik.
Pengujian: Melakukan olah navigasi menu lewat tombol navigasi empat arah, tersedia shortcut menu dinamis pada layar utama.
Nilai : 3,2.
Catatan : Paduan warna solid di bagian qwerty dan metalik di bagian layar, malah membuatnya menghilangkan kesan classy (berkelas).

EMAIL
Ada yang menarik untuk setting email di C6625, di mana untuk pertama kalinya Samsung memperkenalkan fitur email wizard. Dengan fitur ini proses setting email bisa dilakukan dengan cepat, cukup dengan satu tahap mengisi alamat email dan password. Ragam email yang ditawarkan mencakup Google Mail, Yahoo Mail, AOL, earthlink, Comcast dan jenis email pribadi/kantor yang memakai ISP khusus.
Pengujian : Melakukan setting Gmail dan Yahoo Mail.
Nilai : 3.
Catatan : Pada prinispnya email wizard digunakan untuk meringkas proses setting email yang berjalan di jalur POP3.
INTERNET
Dalam versi uji coba, C6625 hanya dibekali browser dari Internet Explorer (IE). Tapi IE browser yang digunakan punya beberapa kemampuan lebih, di mana terdapat kontrol untuk zoom, desktop view, copy/paste teks tulisan, tak cuma itu dalam browser ini pengguna bisa menghilangkan tampilan gambar dan foto.
Pengujian : Melakukan browsing ke situs www.selular.co.id, dan menghilangkan efek tampilan foto.
Nilai : 3,2.
Catatan : Dengan menu on/off show pictures pengguna dapat lebih menghemat konsumsi trafik data internet.
KONEKTIVITAS
Salah satu kekurangan C6625 yakni ketiadaan fasilitas WiFi. Padahal ini menjadi salah satu elemen “separuh” wajib untuk kelas ponsel mobile office. Namun untuk fasilitas koneksi lain, tersedia akses GPRS/EDGE kelas 10 dan 3G/HSDPA hingga kecepatan 3,6 Mbps. Jalur koneksi lain utamanya mengandalkan akses bluetooth yang bisa menjalankan peran A2DP. Dengan platform Windows Mobile tentu cukup mudah untuk melakukan sinkronisasi ke PC Windows.
Pengujian : Menjajal penggunaan internet sharing lewat jalur bluetooth.
Nilai : 2,8.
Catatan : Dalam penjualannya, ada bundling paket data internet dengan operator Telkomsel.
OFFICE
Ponsel dengan platform Windows Mobile di ponsel mengusung menu kerja seperti Excel mobile, one note Mobile, Power Point dan Word mobile. Tapi sesuai dengan penggunaan sistem operasi Windows Mobile standard, C6625 hanya punya kemampuan untuk melihat (viewer) file dokumen yang sudah di download sebelumnya.
Pengujian : Di antara menu dalam office mobile, hanya one note mobile yang bisa melakukan create document dalam format Txt.
Nilai : 2,4.
Catatan : Untuk menunjang fungsi kerja, ada fitur lain yang cukup berguna seperti PDF dan voice notes.
MUSIK
Untuk menikmati musik bisa dilakukan lewat fitur Windows Media. Tidak ada menu yang baru, kelengkapan hanya mencakup shuffle/repeat dan aneka skin theme. Format musik yang bisa diputar yakni MP3/AAC/AAC+/WMA/OGG dan AMR player. Menambah kesan dinamis, juga terdapat Midomi, sebuah fitur untuk mengenali detail lagu via jalur akses internet. Tak ketinggalan FM radio menjadi pelengkap yang sempurna.
Pengujian : Memutar musik MP3 lewat speaker phone.
Nilai : 3.
Catatan : Pancaran suara dari lubang speaker terdengar kurang maksimal.
MEMORI
Dalam versi jualnya di Indonesia, ponsel ini dibekali memori internal sebesar 80MB, itu juga masih ditunjang dengan kapasitas memori eksternal via MicroSD hingga 8GB. Untuk prosesornya mengadopsi STMicroelectronics Nomadik STn8810 393 MHz 32-bit.
Pengujian : Menjajal kemampuan memori eksternal dengan MicroSD berkapasitas 2GB. Akselerasi menu terbilang cukup optimal dengan dukungan prosesor yang ada.
Nilai : 3,2.
Catatan : Untuk dukungan performa, terdapat fitur error reporting dan windows update.
Kinerja
Ponsel ini dibekali built in GPS, tapi dalam paket jualnya tidak termasuk elemen peta digital, konsumen dipersilahkan untuk mendonwload sendiri. Walau dijual bundling dengan kartu Simpati Telkomsel, C6625 terbukti sudah dipersiapkan dengan inject proxy GPRS operator-operator GSM nasional. Kamera 2 Mpix (1600x1200 pixels) memang tak terlalu istimewa, tapi lumayan memadai dengan hadirnya fitur white balance, night mode dan efek. Selain Windows Live messenger, dalam paket jualnya C6625 akan dibekali aplikasi khusus chatting.
Hasil Pengukuran Audio
Musik 97 dB
Ringtone96.8 dB
Human Voice99.7 dB
Skor Akhir : 3,1
Kinerja Baterai 
Data vendor menyebutkan C6625 mempunyai waktu siaga hingga 300 jam dan waktu bicara sampai 7 jam. C6625 ditenagai dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 1300 mAh. Hasil pengujian juga membuktikan ponsel bisnis yang fancy ini tergolong hemat baterai, apalagi tak ada bekal WiFi. Dalam waktu siaga selama dua hari, indikator baterai hanya berkurang satu bar pada penggunaan minimal.

selular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger