Home » » Nokia E63

Nokia E63

Written By Haris Ahmad on Saturday, February 13, 2010 | 5:39 PM



Versi “Affordable” dari E71
Meski tak ada bekal HSDPA dan built in GPS, soal performa E63 tak kalah dengan E71. Keduanya menggunakan jenis prosesor dan memori yang sama.
Popularitas ponsel berdesain QWERTY bar rasanya sedang naik daun di Tanah Air. Contohnya seperti tipe Curve dari BlackBerry. Dengan ide mengusung konsep bisnis, Nokia juga tak ketinggalan menelurkan serial ponsel QWERTY bar dalam segmen seri E yang juga tak kalah kondang. Generasi terbaru QWERTY bar dari Nokia muncul kembali dalam sosok seri E63. Nokia E63 sejatinya dirancang sebagai turunan dari seri E71 yang lebih ”affordable” dilihat dari sisi harga jual. Meski antara E63 dan E71 punya desain yang serupa, tapi material bodi E63 dibuat dengan bahan plastik. Beda dengan E71 yang padat dengan bahan logam.
Tentu ada penyesuaian pada fitur dan fasilitas E63. Di E63 tak ditemui fitur HSDPA, koneksi infrared dan penerima GPS built in. Di luar itu, E63 punya kemampuan yang sejajar dengan E71, termasuk pada penggunaan jenis prosesor. Fasilitas kamera E63 kembali ke standar yang diadopsi E61i. Tapi Nokia memberikan sentuhan baru, E63 jadi ponsel seri E pertama yang dibekali fasilitas lampu senter.
KEYPAD
Bentangan keypad E63 tentu nyaris serupa dengan E71. Hanya ada sedikit beda, tuts keypad E63 terasa sedikit lebih menonjol. Empat tombol shortcut ke menu utama, kalender, phonebook dan messaging turut disertakan tepat dibawah layar. Empat tombol tadi juga berperan sebagai one touch key, artinya satu tombol bisa di set untuk dua fungsi menu berbeda, ‘short press’ dan ‘long press’. Tombol spasi juga berperan sebagai pengaktif senter.
Pengujian : Melakukan pengetikan SMS dan pengetikan naskah dalam Quickoffice.
Nilai : 3,2.
Catatan : efek keypad light kurang terasa pada deretan keypad paling bawah.
LAYAR
Jenis dan ukuran layar E63 sama persis dengan yang digunakan E71. Jenis layar mengusung konsep landscape, berukuran 2,36 inchi atau 48x37 mm dengan resolusi 320x240 pixels. Tampilan layar pada home screen lebih dinamis dan kaya ikon fitur. Contohnya pada home screen bagian bawah kini bisa ditempatkan ikon info notifikasi SMS/MMS, email dan lain sebagainya.
Pengujian : melihat image di gallery dan menjajal switch mode profile yang menjadikan ponsel ini punya dua sisi aplikasi yang berbeda.
Nilai : 3,3.
Catatan : -
OFFICE
Quickoffice adalah aplikasi strategis untuk Nokia E series, pada E63 Quickoffice mengadopsi versi 4.1.37.3 dimana kemampuannya mencakup auto find and replace word, ditambah lagi advanced formatting untuk kemudahan mengatur penulisan di layar. Banyak tools edit yang menarik untuk olah naskah Word, Excel dan Power Point. Sebagai tambahan terdapat active notes, berguna untuk membuat pesan notes yang bisa dikombinasikan dengan konten multimedia wireless presenter dan kamus bahasa Inggris - mandarin.
Pengujian : Melakukan edit tulisan dalam format Word.
Nilai : 3,8.
Catatan : -
DESAIN
Walau antara E63 dan E71 berwujud serupa, tapi keduanya juga punya perbedaan mencolok. E63 lebih minimalis, tak ada tombol khusus untuk kamera dan pengatur volume. Disisi bodi ponsel hanya ada slot untuk micro USB dan slot kartu memori. Di bagian atas ada female jack audio 3,5 mm. Pemilihan sambungan 3,5 mm dipandang lebih fleksibel untuk headset audio stereo. Beda dengan E71 yang menggunakan sambungan 2,5 mm. Material back cover terbuat dari bahan plaatik dove yang bisa mengurangi rasa licin.
Pengujian : menjajal sisi ergonomis bodi ponsel.
Nilai : 3,5.
Catatan : E63 lebih ringan 1 gram dari E71
KAMERA dan VIDEO
Kualitas kamera E63 justru mengacu pada seri E61i yakni 2 Mpix (1600x1200 pixels). Tapi E63 dibekali flash light dan cermin self portrait. Bekal fitur kamera mencakup self timer, digital zoom, night mode, sequence mode, colour tone dan white balance. Untuk rekam video resolusi maksimum masih sebatas QVGA (320x240 pixels) 15 frame per detik.
Pengujian : mengambil foto dan merekam video dengan resolusi tertinggi.
Nilai : 3,4.
Catatan : bekal fitur kamera terbilang standar, tapi banyak software imaging yang pas dan bisa di download untuk ponsel Symbian.
INTERNET
Dengan harga jual dibawah E71, fitur HSDPA terpaksa harus ditiadakan di E63. Anda harus puas maksimal dengan akses internet 3G (kecepatan maks 384 Kbps). Selain itu masih ditopang koneksi GPRS kelas 32 (kecepatan maks 100 Kbps) dan EDGE kelas 32 (kecepatan maks 296 Kbps). Jalur lain untuk internet masih ada akses WiFi 802.11 b/g. Pengujian : Dalam ujicoba akses 3G dan WiFi bisa berjalan baik ke situswww.selular.co.id.
Nilai : 3,3.
Catatan : Setting GPRS/3G/MMS mudah dengan fasilitas setting wizard.
KONEKTIVITAS
Urusan koneksi cukup memadai, kecuali absennya koneksi infrared. Untuk koneksi konektivitas wireless mengandalkan bluetooth versi 2.0. Untuk jalur kabel, E71 punya bekal fast speed USB. Fitur koneksi lainnya yang terbilang baru yakni barcode, lensa kamera bisa membaca kode barcode suatu produk dan bisa disimpan datanya.
Pengujian : transfer file video dan musik MP3 lewat bluetooth dan PC sync. Menjajal kemampuan bluetooth headset A2DP.
Nilai : 3,2.
Catatan : disayangkan belum ada bekal kemampuan koneksi TV out.
MUSIK
Meski berada di segmen seri E, kemampuan pemutar musik E63 terbilang baik. Fitur musik yang ada mencakup shuffle, repeat, equaliser (bass booster/classical/jazz/pop/rock), balance, loudness dan stereo widening. Format musik yang bisa diputar yakni MP3, WMA dan AAC. Berkaitan dengan musik, tersedia jalur menu langsung ke Nokia music store. Letak buzzer berada dibagian atas bodi.
Pengujian : memutar musik MP3 lewat headset dan bluetooth stereo dengan mengaktifkan bass booster.
Nilai : 3,2.
Catatan : -
VOICE AID
Aplikasi ini sangat besar gunanya bagi pengguna ponsel tuna netra. Lewat voice aid, pengguna akan dibantu untuk selancar menu, bahkan hingga ke sub menu. Termasuk panduan lewat suara untuk mendengar nama-nama di phonebook, dan arahan untuk melakukan panggilan.
Pengujian : Mengaktifkan voice aid untuk selancar ke beberapa menu. Fungsi voice aid kian optimal dengan penggunaan message reader.
Nilai : 3,6.
Catatan : Sedikit disayangkan voice aid belum tersedia untuk panduan dalam bahasa Indonesia.

MEMORI
Antara E63 dan E71 mengadopsi jenis prosesor yang sama, yakni ARM 11 369 Mhz single CPU. Sedang untuk memori juga setali tiga uang dengan E71, yakni 110 MB. Tak hanya itu, kapasitas memori eksternal lewat kartu MicroSD maksimum bisa menampung sampai 8GB. Dalam paket jual E63 dibekali MicroSD berkapasitas 2GB.
Pengujian : menjajal akselerasi beberapa fitur dan software. Jarang ditemui kejadian hang.
Nilai : 4.
Catatan : utamakan untuk menyimpan hasil instal software di dalam kartu memori
Kinerja
E63 terbilang kaya fitur yang mampun bekerja handal, diantaranya seperti built in Encryption, switch mode, one touch key, smart dialing dan enhanced calendar. Bedah fitur tersebut sudah pernah diulas pada SELULAR edisi Agustus 2008. Meski tak dibekali built in GPS, di E63 tetap dibekali Nokia Maps, koneksi GPS tetap bisa jalan dengan perangkat bluletooth optional.
Hasil Uji Test Audio
Musik91 dB
RingTone90,2 dB
Human Voice87 dB
SKOR AKHIR :3,4
Kinerja Baterai
Data Vendor
Ponsel ini menggunaka tipe baterai lithium polimer BP-4L dengan kapsitas 1500 mAh. Waktu siaga diperoleh bisa hingga 432 jam, dan waktu bicara hingga 11 jam
Hasil Pengujian
Pennggunaan baterai berkapasitas besar memang menjadi pilihan yang tepat untuk ponsel pebisnis. Kapasitas baterai yang besar sangat berguna untuk menunjang aplikasi yang boros energi seperti GPS. Tentu pada E63 bisa lebih hemat sebab tak ada GPS dan HSDPA. Dalam ujicoba, ponsel di charge full, selama 3 hari waktu siaga, indikator ponsel hanya berkurang 1 bar.
selular.co.id

Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger