Home » » Nokia 6260 Slide

Nokia 6260 Slide

Written By Haris Ahmad on Saturday, February 13, 2010 | 5:52 PM



Seri 40 dengan Fitur Smartphone
Segmen seri 40 digarap sangat serius oleh Nokia, dibuktikan dengan hadirnya 6260 Slide, sebuah ponsel mungil dengan kepadatan fitur ala smartphone terbaru
Oleh vendornya, ponsel ini tak diberi label khusus sebagai ponsel musik atau sebagai ponsel navigator GPS. Tapi bila melihat daftar fitur yang ’digendong’, boleh jadi Anda mengira ponsel ini masuk dalam golongan Symbian seri 60 smartphone. Tapi kenyataannya, Nokia 6260 Slide justru mengusung user interface (UI) seri 40. UI 40 umumnya disiapkan Nokia untuk segmen ponsel kelas menengah. Fitur yang ada di ponsel mungil ini cukup mengejutkan, sebut saja kamera 5 Mpix Carl Zeiss, HSUPA (high speed uplink packet access), WiFi, push mail sampai TV out.
Menakar dari fitur-fitur yang ditawarkan, jelas ponsel ini adalah salah satu seri 40 Nokia yang hadir dengan fitur terlengkap. Dibanding seri-seri Nokia terdahulu, ponsel ini banyak menawarkan kemudahan, seperti navigasi browser lewat menu-menu aktraktif, Nokia maps, flash message sampai setting email yang mudah. Semua fitur tadi bila disatukan dapat menandingi kemampuan sebuah smartphone generasi terbaru. Tapi sayang, Nokia 6260 belum dapat menampilkan document viewer sebagaimana menjadi standar fitur smartphone.
DESAIN
Untuk kelas ponsel sliding, 6260 terbilang berukuran mungil tapi ergonomis. Material pada back cover dibuat dari bahan alumunium ringan dengan permukaan bermotif dof yang membuat ponsel tak licin dalan genggaman. Tampilan back cover kentara mencerminkan 6260 sangat camera look. Desain ponsel ini juga dilengkapi beberapa tombol shortcut kamera dan musik, serta dual speaker untuk kenikmatan mendengarkan musik.
Pengujian : Mencoba buka tutup sliding, hentakan sangat halus dan ringan.
Nilai : 3,3.
Catatan : Tidak dilengkapi hotswap untuk fasilitas kartu memori.
KAMERA
Dengan ketajaman 5 Mpix plus dukungan lensa Carl Zeiss membuat performa kamera tampil mengesankan. Menu pada fitur ini mencakup efek, white balance, flash, self timer. Begitu juga dengan fitur rekam video, resolusi maksimum bisa rekam dengan format VGA (15 frame per detik).
Pengujian : Memotret dengan resolusi 5 Mpix dan menjajal visual portrait/landscape format. Dual flash LED juga menunjukkan performa pancaran sinar yang sangat baik.
Nilai : 3,2.
Catatan : Lensa dilindungi oleh penutup yang juga berperan sebagai sensor aktivasi menu kamera.
KONEKTIVITAS
Ibarat kata ”kecil-kecil cabe rawit”, biar berdesain mungil ponsel ini punya bekal koneksi lengkap, sebut saja ada HSDPA 10,2 Mbps dan HSUPA 2 Mbps. Untuk konektivitas ditunjang bluetooth versi 2.1 dengan kemampuan A2DP, lalu ada WiFi 802.11 b/g.
Pengujian : Menjajal browsing via 3G dan WiFi. Browser dilengkapi kursor untuk kemudahan navigasi ala browser Minimap. Pada browser juga disediakan menu show on/off image, zoom dan font size.
Nilai : 3,6.
Catatan : Pada bookmark sudah disiapkan jalur akses ke facebook, google web, live search, MySpace dan Youtube.
MESSAGING
6260 Slide menjadi salah satu ponsel seri40 Nokia yang telah dilengkapi Nokia messaging. Dengan fitur ini Anda bisa menempatkan akun email regular gratis, seperti Yahoo dan Gmail dalam konsep push mail.
Pengujian : membuka akun email yang sudah terdaftar sebelumnya, untuk membuka akun cukup masukan username dan password. Pola ini mengingatkan pada bentuk setting email di ponsel Windows Mobile.
Nilai : 3,2.
Catatan : Untuk memperoleh akses push mail, tiap akun email harus dalam kondisi indikator ‘online’.
MUSIK
Ponsel ini memang bukan masuk kelas Xpress Music, tapi dari segi kelengkapan fitur dan kualitasnya, 6260 mampu disejajarkan dengan Xpress Music. Menu pada fitur musik mencakup shuffle, repeat, custome equalizer dan player theme.
Pengujian : Menjajal pemutar musik dengan mengolah setting equalizer. Walau tak ada menu 3D sound dan stereo widening, pancaran melodi dari speaker sangat jernih.
Nilai : 3,2.
Catatan : Letak dual speaker sterero pada bagian bawah badan ponsel membuat pancaran melodi terganggu saat ponsel dalam genggaman tangan.
SHARE on OVI
Adanya fasilitas Ovi versi 1.52. membuat Anda bisa leluasa dan mudah untuk share (upload) konten seperti images, video clips dan audio files. Fitur ini dibekali menu-menu tambahan seperti my latest upload my contact media dan my commented media.
Pengujian : Melakukan upload hasil foto 5 Mpix berukuran 1 MB dengan waktu 60 detik. Dengan Share on Ovi, konten yang di share dapat langsung dilihat oleh rekan2 Anda.
Nilai : 3.
Catatan : Kemampuan Share on Ovi sekilas mirip dengan Flickr.

GPS
Ponsel ini juga punya kemampuan navigator, ditunjukkan dengan fitur built in A-GPS lengkap dengan Nokia Maps. Menu pendukung di GPS mencakup find address, saved locations, recent locations, route selection dan plan route.
Pengujian : Menjajal kemampuan koneksi GPS tanpa bantuan sinyal internet operator. Meski agak lambat tapi menu yang dihadirkan lumayan menarik, seperti voice guidance dalam bahasa Indonesia.
Nilai : 3.
Catatan : Navigasi akan lebih menarik apabila pada layar terdapat opsi auto rotate.
Kinerja
Meski dijejali banyak fitur dan fasilitas, dalam uji coba semua fitur dapat bekerja optimal dan multi tasking. Tidak pernah dijumpai problem hang saat pengoperasian beberapa menu sekaligus. Bisa dibilang kinerja ponsel dengan user interface seri 40 ini sangat baik. Untuk konektivitas, GPS, messaging, pemutar musik dan FM radio dapat berjalan baik. Malah dibanding seri 60 Nokia, ponsel ini sudah punya bekal flash message. Kekurangan yang dianggap mengganggu yakni desain ’hotswap’, dimana untuk memasukan dan mengeluarkan kartu memori harus melepas baterai.
SKOR AKHIR: 3,12
Kinerja Baterai
Nokia 6260 slide ditenagai baterai Lithium Ion BL-5F dengan kapasitas 950 mAh. Menurut keterangan vendor, baterai mempunyai waktu siaga hingga 400 jam dan waktu bicara hingga 6 jam dalam moda 2G. Sedang dalam moda 3G, waktu siaga dapat mencapai 288 jam dan waktu bicara sampai 3 jam. Kinerja baterai tentu bergantung pada penggunaan beberapa aplikasi. Yang jelas jika baterai dalam kondisi lemah, ikon baterai akan menunjukkan warna merah di layar.
Hasil Pengukuran Audio
Musik 95 dB
Ringtone93.8 dB
Human Voice94.7 dB
selular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger