Home » » Samsung B2100 Extreme

Samsung B2100 Extreme

Written By Haris Ahmad on Saturday, February 13, 2010 | 5:51 PM



Dibanting, Direndam, Digilas, Oke-oke Saja
Ketika berbicara soal alam bebas, ponsel ini memenuhi segala kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi perangkat yang menemani ketika bertualang di alam bebas.
Sudah bertahun-tahun rasanya, sejak ponsel out door terakhir diperkenalkan ke pasar dalam negeri. Kini Samsung mengobati kerinduan penggemar ponsel segala medan itu dengan menghadirkan seri B2100. Di luar negeri, seri ini dikenal dengan julukan explorer. Sementara ketika diperkenalkan di Indonesia beberapa waktu lalu, ponsel ini mendapat julukan Extreme.
Sesuai julukannya, ponsel ini memang dirancang untuk menghadapi kondisi-kondisi ekstrim. Tetap on meski kecemplung di air, cuma lecet-lecet sedikit meskipun habis digilas mobil, enggak ngaruh meski belepotan lumpur. Bahkan masih hidup dan siap berfungsi meski habis jatuh dari ketinggian tiga meter. Extreme memang dirancang untuk itu, karenanya ponsel ini dibalut body yang dirancang khusus untuk tahan kondisi ekstrim, di antaranya, seal karet untuk menutup celah-celah di body, serta material dan struktur body yang tahan banting.
DESAIN
Tampang yang gahar memang mencerminkannya sebagai ponsel out door. Desainnya dirancang khusus untuk menghadapi kondisi di luar batas normal. Seperti port, cover baterai dan speaker, yang menggunakan seal karet. Begitu pula dengan keypad berbahan karet, yang celah-celahnya dibuat water resistant. Belum lagi bahan body yang terbuat dari material pilihan tahan benturan. Hebatnya, semua itu tak mengurangi kenyamanan aspek ergonomisnya.
Pengujian: Menjatuhkan ponsel dari ketinggian, merendam di dalam air
Nilai: 3,6
Catatan: Sistem sealing yang melindungi jeroan ponsel bekerja sempurna. Dengan catatan, seluruh seal port dan cover baterai tertutup sempurna.
KEYPAD
Menggunakan bahan karet yang lembut, dengan tesktur tiap tombol berukuran besar, yang membuatnya enak dioperasikan. Namun yang mengagumkan adalah rancangan keypad yang dibuat tahan rembesan air, meski direndam dalam air sedalam satu meter.
Pengujian: Mengoperasikan keypad
Nilai: 3,4
Catatan: Kenapa tombol navigasinya tidak terbuat dari bahan karet juga?
KAMERA
Hanya berbekal kamera 1,3 Mpix, dengan hasil foto yang standar. Memang bukan itu keistimewaannya. Kemampuan memotret dalam air itulah yang membuat ponsel ini istimewa. Anda bisa membawa ponsel ini ketika snorkeling, dan memotret terumbu karang dengan kameranya. Kamera juga bisa difungsikan sebagai video recorder, dengan hasil yang juga standar.
Pengujian: Memotret obyek dalam air
Nilai: 2,9
Catatan: Ada belt lengan yang khusus dirancang untuk menyimpan si Extreme.
MUSIK
Dibekali MP3 player untuk kebutuhan hiburan (musik). Sebenarnya kualitas suaranya biasa saja, baik lewat headset maupun ketika speaker diaktifkan. Namun lagi-lagi, struktur ekstrimnya membuat speaker masih berfungsi meski ponsel dibenamkan dalam air. Tentu saja dalam kondisi itu, headsettak bisa dipasangkan.
Pengujian: Memutar file MP3
Nilai: 3
Catatan: Penyimpanan file MP3 hanya optimal bila kartu memori terpasang.
MESSAGING
Fasilitas berkirim pesan terakomodasi dengan moda pesan teks(SMS), pesan multimedia (MMS) dan email. Tampilan pesan di layar memang tidak terlampau nyaman, namun dilengkapi fasilitas long SMS hingga 1900 karakter lebih. Ketidak nyamanan di layar sedikit terbantu dengan tombol keypad yang enak dipakai. Untuk memanfaatkan email messaging, Anda harus membuat account dulu.
Pengujian: Membuat dan mengirim pesan teks
Nilai: 3,1
Catatan: Kalau lagi menyelam, Anda bisa tetap membaca atau mengirim SMS, sejauh ponselnya masih mampu menangkap sinyal di kedalaman air.

KONEKTIVITAS
Akses lalu lintas data cukup diakomodir ponsel ini. Tersedia bluetooth yang kinerjanya bagus –transfer file 230 kb hanya 3 detik. Tersedia pula kabel data dan PC sync. Kneksi internet terlayani lewat wap browser, yang juga punya kinerja oke. Kemudahan akses internet lebih dioptimalkan dengan tersedianya proxy setting.
Pengujian: Mengirim file lewat bluetot, mengaktifkan fitur browser
Nilai: 3
Catatan: Bila hendak menerima file besar, pastikan tersimpan di kartu memori eksternal.
MEMORI
Di sini menjadi salah satu titik lemah ponsel ini. Memori internalnya hanya 7 MB, yang setelah dipakai untuk berbagai aplikasi dan data, hanya menyisakan sedikit ruang untuk penyimpanan data (musik, image, dsb). Karenanya, keberadaan memori eksternal menjadi sangat vital agar ponsel ini bekerja optimum.
Pengujian: Menyimpan dan mengambil data dari memori ponsel.
Nilai: 3
Catatan: Tidak hotswap, namun bisa dimengerti karena penempatan kartu memori di dalam untuk melindungi kartu memori itu sendiri.
Kinerja
Ketika digadang-gadang sebagai ponsel outdoor terbaik yang pernah ada, sepertinya ada benarnya. Ketahanan ponsel ini saat diuji dalam beberapa macam kondisi “tak biasa”, sungguh mengagumkan. Meski dijatuhkan dari ketinggian tiga meter, direndam dalam akuarium selama setengah jam, terkena pasir, dilindas mobil, ponsel tetap bekerja sempurna.
SKOR AKHIR: 3,09
Kinerja Baterai
Menggunakan baterai lithium ion berkapasitas1000 mAh, diklaim mampu memberikan waktu siaga hingga 600 jam dan waktu bicara hingga 7 jam. Namun dalam pemakaian dengan banyak aplikasi, baterai terlihat lebih cepat terkuras. Sehingga, daya tahan baterai sesungguhnya boleh jadi tak selama seperti klaim vendor.
selular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger