Home » » Hasil Prancis-Uruguay : Prancis hanya bisa meraih hasil imbang 0-0 melawan sepuluh pemain Uruguay

Hasil Prancis-Uruguay : Prancis hanya bisa meraih hasil imbang 0-0 melawan sepuluh pemain Uruguay

Written By Haris Ahmad on Saturday, June 12, 2010 | 8:49 AM

image

Prancis membuang kesempatannya untuk meraih kemenangan dari laga perdana Grup A Piala Dunia. Melawan sepuluh pemain Uruguay di babak kedua, skuad les Blues ini hanya bisa bermain imbang tanpa gol di Cape Town Stadium, Sabtu (12/6) dinihari WIB.

Tampil sebagai salah satu kandidat juara, Prancis sebenarnya tampil tidak terlalu mengecewakan. Di babak pertama Prancis terlihat lebih apik dalam memberikan tekanan. Namun selama 45 menit berjalan tetap tak ada peluang dari Prancis yang bisa menggetarkan gawang Uruguay.

Mengawali laga ini, pelatih Prancis Raymond Domenech melakukan beberapa hal penting dalam membuat line-up. Di antaranya dia menyimpan gelandang milik Chelsea Florent Malouda dibangku cadangan.

Sebagai pilihannya, Domenech lebih tertarik dengan menurunkan Abou Diaby sebagai starter. Selain itu juga, Nicolas Anelka diberikan pula kepercayaan yang besar sebagai bomber Prancis.  Aksi Diaby sendiri tidak terlalu mengecewakan. Ia sempat beberapa kali memberikan tekanan maupun berkontribusi besar buat lini depan timnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh gelandang Franck Ribery. Meski Ribery sempat diganjar kartu kuning saat pertandingan baru berjalan 19 menit, namun pemain milik Bayern Munich ini cukup membuat barisan pertahanan Uruguay harus bekerja ekstra keras.

Di pihak Uruguay, pilihan Oscar Tabarez tetap sangat besar kepada Diego Forlan untuk bisa menggedor pertahanan Prancis. Di menit ke-16, striker milik Atletico Madrid ini mendapatkan sebuah peluang. Namun tendangannya saat itu masih bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper Hugo Lloris.

Seperti halnya Prancis, Uruguay juga masih terlihat mandul untuk bisa mencetak gol hingga peluit panjang istirahat dibunyikan oleh wasit asal Jepang Yuichi Nishimura.

Memasuki babak kedua, Uruguay sebenarnya terlihat lebih mampu untuk memberikan tekanan. Tapi agresifitas itu tetap tidak bisa membuahkan hasil maksimal.

Suasana menjadi berubah ketika pertandingan tersisa sembilan menit dari waktu normal. Sebuah insiden pelanggaran keras yang dilakukan gelandang Nicolas Lodeiro membuat Uruguay harus bermain dengan sepuluh orang saja di lapangan.

Wasit mengeluarkan kartu kuning keduanya setelah tackling Lodeiro dianggap kasar kepada Bacary Sagna. Kartu merah ini menjadi yang pertama dikeluarkan wasit pada Piala Dunia kali ini.

Unggul satu pemain di lapangan membuat Prancis menjadi lebih agresif. Beberapa kali skema penyerangan di bangun dari sisi sayap maupun menusuk langsung ke tengah jantung pertahanan Uruguay. Namun sayang, semua itu selalu kandas di halau barisan pertahanan Uruguay yang begitu solid.


Susunan Pemain:

Uruguay: Muslera, Lugano, Godin, Victorino, A. Pereira, M. Pereira, Perez, Rios, Gonzalez (Lodeiro 63'), Forlan, Suarez
(Abreu 73')

Prancis: Lloris, Sagna, Abidal, Gallas, Evra; Toulalan; Diaby, Govou, Ribery, Gourcuff (Malouda '75), Anelka (Henry '72)


URUGUAY

Muslera - 6: Tak banyak diuji, namun ketika mendapatkannya, dia bisa menangani dengan baik.

Lugano - 6: Kapten Uruguay itu menunjukkan performa yang stabil dan disiplin di lini pertahanan.

Godin - 6: Tandem sang kapten. Tak banyak direpotkan di lini belakang.

Victorino - 5: Kerap kerepotan di sektor sayap, terutama saat harus menghadapi Evra.

A. Perreira - 5: Mampu meredam serangan dari sektor kanan pertahanan timnya.

D. Perez - 5: Kalah bersaing dengan gelandang Prancis yang lebih enerjik dan mobil.

Arevalo - 5: Tak mampu menghambat alur serangan yang dibangun Gourcuff.

M. Perreira - 5: Kurang mendapat bantuan di sektor tengah yang membuatnya tak bisa mengembangkan permainan.

Gonzalez - 4: Semakin lama berada di lapangan, kontribusinya semakin minim, yang membuatnya harus keluar satu jam setelah pertandingan berjalan.

Forlan - 6,5: Tiap mendapat bola, Forlan mampu memaksimalkan menjadi peluang. Namun dia jarang mendapat dukungan dari rekannya di sektor tengah.

Suarez - 5,5: Belum padu berduet dengan Forlan dan tampak terasing dari tim.

---Pengganti---

Abreu - 5: Tak banyak menunjukkan kemampuannya.

Lodeiro - 4: Terlalu bersemangat dan melakukan dua kesalahan bodoh, yang membuatnya hanya berada di lapangan kurang lebih selama 15 menit.

Eguren - NA


PRANCIS

Lloris - 6: Satu kali melakukan penyelamatan penting dengan mementahkan tendangan Forlan di babak pertama. Setelahnya, tak banyak mendapat ujian.

Sagna - 6: Kurang menunjukkan determinasi, meski cukup membantu dari sektor kanan.

Gallas - 6: Sempat terlihat grogi, tapi bisa menunjukkan kematangannya, meski tak banyak mendapat ujian.

Abidal - 6: Tak menemui banyak kesulitan di sektor belakang.

Evra - 7: Sangat membantu dalam menyerang. Kerap menyisir lapangan dari sektor kiri.

Toulalan - 6: Tampil solid di lini tengah dan memerankan perannya dengan baik sebagai gelandang bertahan.

Gourcuff - 5,5: Memegang peran penting sebagai playmaker, Gourcuff tak mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Ancaman hanya datang darinya lewat bola-bola mati.

Diaby - 6,5: Tampil solid sebagai holding midfielder. Beberapa kali menunjukkan aksi individu apik, namun gagal menuntaskan serangan dengan tendangannya.

Govou - 5: Tak banyak menunjukkan andil dalam permainan. Memiliki satu kesempatan matang di awal pertandingan, namun gagal dimaksimalkannya.

Ribery - 6: Rajin membuka serangan, tapi minim kreatifitas.

Anelka - 4: Bisa dibilang sebagai pelengkap tim Prancis di laga ini.

---Pengganti---

Henry - 5: Menunjukkan performa yang lebih baik dibanding Anelka, tapi tak cukup waktu menunjukkan kualitasnya.

Malouda - 6: Memberi warna baru dalam serangan Prancis. Yang disayangkan, dia terlambat dimasukkan ke lapangan.

Gignac - NA
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger