Home » » Mobil masa depan

Mobil masa depan

Written By Haris Ahmad on Monday, March 29, 2010 | 8:47 AM

.
General Motors telah meluncurkan sebuah kendaraan konsep unik di Shanghai. Kendaraan itu bak kembar tiga yang dibuat GM di tiga tempat berbeda.  Tiga GM baru EN-V konsep ini disebut Jiao, Miao dan Xiao. GM EN-V, yang merupakan singkatan
dari Electric Networked-Vehicle, mempertahankan prinsip inti mobilitas pribadi - kebebasan - sambil membantu menghapus kendaraan bermotor dari perdebatan masalah  lingkungan.

Kendaran ini merupakan hasil dari kolaborasi GM dangan Shanghai Automotive Industry Corp Group (SAIC) yang mempunyai visi untuk menangani kebutuhan mobilitas pribadi melalui perubahan radikal dalam transportasi perkotaan pribadi.
GM ID-V Jiao, Miao dan Xiao konsep mempunyai arti yang dalam bahasa inggris yang diterjemahkan sebagai Pride, Magic dan Laugh. Bisa diartikan  Jiao adalah kebanggaan (pride), Miao berarti magic dan Xiao berarti tertawa. GM ID-V ini  akan ditampilkan untuk pertama kalinya pada 1 Mei bertempat di  SAIC-GM Pavilion,  World Expo 2010 Shanghai.


GM ID-V dirancang dari tiga tempat berbeda dari tiga benua. GM ID-V Jiao ini dirancang oleh GM Eropa, GM Xiao EN-V dirancang oleh GM Holden di Australia dan GM EN-V Miao oleh General Motors Advanced Design Studio di California.

Kendaran ini dirancang untuk mengatasi masalah transportasi perkotaan dimana lahan yang ada telah dipenuhi untuk rumah bagi 60 penduduk bumi. rototipe yang dikembangkan oleh Segway ini delengkapi dengan piranti GPS dan Wifi dengan sistem penggerak motor listrik bersumber dari baterai lithium-ion sehingga bisa dipastikan ramah lingkungan.
Kendaraan ini tergolong ringan dan kompak, GM EN-V mempunyai bobot kurang dari 500 kg dengan dimensi tidak lebih dari 1.5 meter, sekitar  sepertiga dari bobot kendaraan yang ada sekarang. Tubuh dan kanopi dari GM EN-V yang dibangun dari serat karbon yang biasa digunakan oleh pesawat luar angkasa ataupunmobil b
alap.


Jangkauan kendaran ini lumayan jauh sekitar 40 km. Kendaraan ini dapat dikendalikan secara manual maupun otomatis. Kemampuan operasi otomatis dijanjikan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dengan memungkinkan GM EN-V untuk secara otomatis memilih rute tercepat berdasarkan real-time informasi lalu lintas. Konsep ini juga memanfaatkan komunikasi nirkabel untuk mengaktifkan sebuah "jaringan sosial" yang dapat digunakan oleh pengemudi dan penumpang untuk berkomunikasi dengan teman atau rekan bisnis saat bepergian.
GM EN-V juga mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan kendaraan lain dan dengan infrastruktur bisa secara dramatis mengurangi jumlah kecelakaan kendaraan. Menggunakan kendaraan berbasis sensor dan sistem kamera, GM EN-V dapat "merasakan" apa yang di sekitarnya, sehingga memungkinkan kendaraan untuk bereaksi dengan cepat untuk hambatan atau perubahan dalam kondisi mengemudi. Sebagai contoh, jika ada pejalan kaki di depan kendaraan, GM EN-V akan mengurangi kecepatan ke kecepatan yang lebih lambat dan lebih aman.
sumber : zercustoms.com
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger