Home » » brazil 2-1 korut

brazil 2-1 korut

Written By Haris Ahmad on Wednesday, June 16, 2010 | 9:23 AM


image


Brasil berhasil mengalahkan Korea Utara dengan skor 2-1 saat mereka berhadapan pada laga penyisihan Grup G di Stadion Elis Park, Rabu (16/6) dini hari wib.
Tampil di laga perdananya di Piala Dunia 2010, Brasil tampaknya tak ingin tampil setengah-setengah. Buktinya, merela langsung tampil menekan semenjak peluit babak pertama dibunyikan. Bahkan mereka cendrung lebih menguasai pertandingan dibandingkan Korea Utara. Tercatat, Brasil berhasil meraih ball-possession sebesar 74 persen dan mencetak sembilan peluang.
Walau menguasai jalan pertandingan, bukan jaminan bagi Brasil bisa unggul dengan cepat. Ketat dan disiplinnya lini pertahanan Korut membuat Robinho dkk. kesulitan mencetak gol. Apalagi, Brasil tampaknya kurang kreatif dalam melakukan serangan. Mereka sangat jarang membawa bola ke dalam kotak penalti dan lebih sering melakukan tendangan-tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.
Di sisi lain, Korea Utara bukan tanpa perlawanan. Mereka tetap tampil percaya diri walau harus menghadapi tim sekelas Brasil. Mereka selalu tampil berbahaya saat melakukan serangan balik. Buktinya, mereka sempat membahayakan gawang Julio Cesar sebanyak enam kali di babak pertama. Namun, ketidak sabaran dan kurang baiknya penyelesaian membuat mereka tidak bisa mencetak gol. Babak pertamapun diakhiri dengan skor kaca mata atau 0-0.
Di babak kedua, Brasil mencoba untuk lebih menekan Korut. Beberapa peluangpun terjadi. Brasil baru bisa unggul pada menit ke 55. Gol pertama Brasil itu dicetak Maicon dari sudut sempit gawang Korut memanfaatkan umpan terobosan dari Elano.
Setelah gol Maicon, Brasil mebermain kian lepas. Buntutnya, Brasil berhasil menggandakan keunggulan mereka pada menit ke 72 melalui gol dari Elano. Gol itu dicetak Elano memanfaat umpan terobosan dari Robinho.
Sebaliknya, walau kalah, Korut tidak pulang dengan kepala tertunduk. Secara mengejutkan, mereka bisa mencuri satu gol dari tim sekelas Brasil pada menit-menit akhir pertandingan. Gol itu dicetak Ji Yun-Nam pada menit ke 88 memanfaatkan sundulan Jong Tae-Se kedalam kotak penalti Brasil.
Man of the match kali ini datang dari tim Brasil. Dia adalah Maicon. Bek Inter Milan ini dianggap pemain penting karena dia sangat disiplin dalam bertahan walau sering membantu rekan-rekannya dalam melakukan serangan. Selain itu, gol pertamanya bagi Brasil pada pertandingan ini telah membalik keadaan sehingga rekan-rekannya bisa bermain lebih tenang lagi.

Susunan pemain kedua tim:

Brasil: Júlio César, Juan, Lúcio, Michel Bastos, Maicon, Felipe Melo (Ramires 83'), Gilberto Silva, Luis Fabiano, Kaká (Nilmar 77'), Robinho, Elano (Dani Alves 72').

Korea Utara: Ri Myong-Guk, Ri Kwang-Chon, Pak Chol-Jin, Ri Jun-Il, Cha Jong-Hyok, Pak Nam-Chol, An Yong-Hak, Mun In-Guk (Kim Kum Il 79'), Ji Yun-Nam, Jong Tae-Se, Hong Yong-Jo


BRASIL

Julio Cesar  7  -- Lebih banyak repot pada babak pertama. Seiring mengendurnya tekanan Korea Utara usai jeda, Cesar berdiri menganggur. Tak bisa berbuat apa-apa saat mencegah gol balasan lawan.

Juan  7  -- Melakukan salah satu hambatan penting ketika Jong Tae Se berlari menyongsong bola pada pengujung pertandingan.

Lucio  7  -- Satu hal yang harus diwaspadai, Lucio masih kerap kehilangan fokus saat menguasai bola. Untungnya, penyerang lawan tak bisa mengeksploitasinya lebih sering dalam pertandingan.

Maicon  8  -- Minim ancaman, Maicon mengerahkan kelebihannya dalam membantu serangan. Beberapa kali merangsek masuk wilayah pertahanan lawan, tendangan tipuan Maicon akhirnya sukses merobek ketangguhan pertahanan Korea Utara.

Michel Bastos  7,5  -- Sama seperti Maicon, minim ancaman membuat Bastos berani kerap naik membantu serangan tim. Dipercaya menjadi algojo

Gilberto Silva  7  -- Peran sebagai perebut bola dijalankan lebih baik oleh Gilberto, tapi terkadang kerepotan karena pemain Korea Utara sangat bersemangat mengejar setiap bola yang mereka hilangkan.

Felipe Melo  6,5  -- Tak menunjukkan ketenangan dengan keunggulan kualitas yang dimilikinya atas pemain lawan. Namun, Melo memperbaikinya pada babak kedua.

Elano  7  -- Sulit menembus pertahanan Korea Utara dari depan, Elano sukses mencari ruang di pinggir dan memanfaatkan umpan diagonal Robinho untuk menggandakan keunggulan Brasil.

Kaka  7  --  Tak mencerminkan kelas kreativitas yang dimilikinya. Sulit mencari celah untuk bergerak dan kalah bersinar dibandingkan Robinho.

Robinho  8  -- Pemain paling berbahaya di kubu Brasil, kreativitas Robinho bahkan lebih efektif bagi tim. Padahal, peran tersebut tadinya diharapkan disandang oleh Kaka.

Luis Fabiano  7  -- Pada babak pertama, Fabiano bermain terlalu ke dalam dan meninggalkan peran penyerang kepada Robinho. Usai jeda, Fabiano malah tidak berhasil

Pemain pengganti:
Daniel Alves  6,5  -- Tak banyak menghadirkan ancaman seperti pemain yang digantikan, Elano.

Nilmar  n/a  -- Dimasukkan sebagai pengganti kaka pada menit ke-78.

Ramires  n/a  -- Masuk pada menit ke-84.


KOREA UTARA

Ri Myong Guk  6,5  -- Tak pernah menduga arah bola tendangan Maicon sehingga gawang Korea Utara akhirnya bobol juga pada menit ke-55. Selebihnya, Myong Guk tak membuat kesalahan tak perlu sepanjang pertandingan.

Cha Jong Hyok  6  -- Sulit menghadang pergerakan Michel Bastos dari sektor yang dikawalnya. Untung saja, Robinho dan Kaka tak banyak merambah sektor sayap sepanjang pertandingan.

Ri Jun Il  6  -- Tak banyak membantu serangan dan lebih banyak terpaku di wilayah pertahanan sendiri. Dua gol Brasil tercipta di sektor pertahanan yang dikawalnya.

Ri Kwang Chon  7  -- Ketangguhan Kwang Chon saat mengantisipasi bola-bola atas membuat Brasil gagal mengoyak pertahanan Korea Utara melalui sundulan kepala. Tampil disiplin dan terus mengawasi pergerakan Luis Fabiano.

Pak Jin Chol  7  -- Harus meninggalkan pertandingan sebelum berakhir akibat mengalami kram. Jin Chol tampil baik mengawal sentral lini pertahanan Korea Utara.

Mun In Guk  6  -- Lini kanan Korea Utara yang ditempati In Guk terlihat lebih banyak fokus mempertahankan pertahanan dibandingkan sektor kiri mereka.

Pak Nam Chol  6,5  -- Pemain yang paling bersemangat di tim. Kerja kerasnya di sektor kiri selama babak pertama membuat Maicon terus waspada.

Ji Yun Nam  7  -- Tak gentar harus berebut bola dengan Maicon, tapi gagal mengantisipasi gerakan Elano saat menciptakan gol kedua Brasil. Semuanya terbalas ketika dengan percaya diri Yun Nam membelah pertahanan lawan dan melesakkan gol balasan.

An Yong Hak  6,5  -- Mampu mengimbangi peran Hong Yong Jo sebagai pembagi bola ke lini depan Korea Utara.

Hong Yong Jo  6,5  -- Pemain Korea Utara yang bertugas sebagai pembagi bola. Yong Jo tak jarang memenangkan perebutan bola dengan pemain Brasil, tapi mulai mengendur pada babak kedua.

Jong Tae Se 7  -- Pemain terbaik Korea Utara dalam pertandingan. Berani menahan bola, memperebutkannya, serta melepaskan tendangan ke arah gawang. Sayangnya semua upaya Tae Se tak cukup untuk menyarangkan bola ke gawang Julio Cesar.

Pemain pengganti:
Kim Kum Il  n/a  -- Masuk pada menit ke-80.
Share this article :

1 Komentar:

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger