Home » » Forlan Tekuk Sepuluh Pemain Afsel (uruguay 3-0 afsel)

Forlan Tekuk Sepuluh Pemain Afsel (uruguay 3-0 afsel)

Written By Haris Ahmad on Thursday, June 17, 2010 | 10:37 AM

Diego Forlan

Striker Diego Forlan menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol di Piala Dunia 2010 guna membawa Uruguay menang 3-0 atas tuan rumah Afrika Selatan di Grup A, Kamis (17/6) dinihari WIB.
Hasil itu membawa Uruguay ke puncak Grup A dengan nilai empat dari dua kali bermain. Skuad Oscar Tabarez kini menunggu hasil antara Prancis dan Meksiko yang baru akan bermain di hari Kamis guna meloloskan diri ke babak kedua lebih cepat.
Keberhasilan Uruguay memetik poin penuh di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria, tak lepas dari kejelian Tabarez untuk mematikan permainan sayap Afsel. Selain itu, Uruguay dengan keunggulan kualitasnya juga memenangi pertarungan di lini tengah sehingga duet Forlan dan Luis Suarez di lini depan tak kesulitan untuk menebar ancaman di pertahanan Afsel.
Uruguay membuka keunggulan pada menit ke-23 ketika tembakan jarak jauh Forlan melambung melewati jangkauan kiper Itumeleng Khune setelah sebelumnya sempat menyentuh pundak kapten Aaron Mokoena.
Gol Forlan itu membuatnya menjadi pemain pertama yang Uruguay yang bisa mencetak gol di dua turnamen Piala Dunia sejak 1954. Pemain Atletico Madrid ini juga melampaui catatan ayahnya, Pablo, yang tampil di Piala Dunia 1966 dan 194 tanpa mencetak gol.
Afsel merespon ketinggalannya dengan lebih giat menyerang. Tetapi serangan pasukan Carlos Alberto Parreira lebih sering kandas. Usaha mereka untuk mencoba tembakan dari luar kotak penalti juga kerap gagal, terutama melalui Siphiwe Tshbalala — pencetak gol pertama di Piala Dunia 2010.
Uruguay sebenarnya punya peluang untuk bisa mencetak gol lebih banyak andai mau lebih tenang ketika menguasai bola dalam posisi bagus di pertahanan Afsel.
Tetapi gol kedua Uruguay akhirnya tiba pada menit ke-74 setelah wasit Massimo Busacca menunjuk titik penalti setelah Khune melanggar Suarez yang lepas dari jebakan offside.
Khune kemudian diganjar kartu merah dan meninggalkan Afsel dengan 10 pemain. Kiper pengganti, Moeneeb Josephs, pun tak kuasa untuk menahan tendangan penalti Forlan.
Kehilangan satu pemain dan tertinggal 2-0, Afsel benar-benar kehilangan momentum. Akibatnya, Uruguay justru bisa menutup laga dengan gol ketiga setelah Alvaro Pereira menanduk bola lob Suarez yang gagal dipotong Josephs di masa injury time.
Ini menjadi kemenangan pertama Uruguay dalam 18 pertandingan Piala Dunia. Kemenangan sebelumnya adalah 1-0 atas Korea Selatan di Piala Dunia 1990 Italia.
Sementara kekalahan bagi Afsel membuat peluangnya untuk lolos ke babak berikut relatif tertutup dan akan menjadikannya tuan rumah pertama yang gagal lolos dari babak grup sepanjang sejarah. “Bafana Bafana” juga menjadi tuan rumah pertama di Piala Dunia yang gagal menang dalam dua laga pertamanya.
Susunan pemain
Afrika Selatan: Itumeleng Khune, Siboniso Gaxa, Tsepo Masilela, Aaron Mokoena, Bongani Khumalo, Siphiwe Tshabalala, Steven Pienaar (Moeneeb Josephs, 79), Teko Modise, Reneilwe Letsholonyane (Surprise Moriri, 57), Kagisho Dikgacoi, Katlego Mphela.
Uruguay: Fernando Nestor Muslera, Diego Moreno Lugano, Diego Roberto Godin, Jorge Fucile (Alvaro Fernandez, A, 71), Alvaro Barragan Pereira, Diego Perez Ruso (Walter Gargano, 90), Maximiliano Victor Pereira, Egidio Arevalo Rios, Edinson Cavani (Sebastian Fernandez, S, 90), Luis Suarez, Diego Forlan.



AFRIKA SELATAN

Khune: 5 - Penampilannya di pertandingan kali ini terlihat buruk. Setelah sempat terlihat bingung dengan terjadinya gol pertama, kartu merah yang diberikan kepadanya juga menjadi catatan buruk tersendiri bagi kiper ini.

Gaxa: 5 - Tidak tampil cemerlang seperti di laga perdananya. Bek kanan ini terlihat mengalami kesulitan dalam mengantisipasi serangan para pemain lawannya.

Khumalo: 5 - Harus bekerja ekstra keras menghalau pergerakan Suarez dan Cavano.

Mokoena: 5 - Gol pertama Forlan menjadi salah satu kesalahannya juga ketika ia tidak cepat menutup ruang tembak bagi striker Uruguay tersebut.

Masilela: 6 - Penampilannya tidak terlalu buruk. Ia juga cukup cermat ketika menghalau Suarez di awal babak kedua.

Dikgacoi: 5 - Penampilannya yang agresif telah membuatnya kehilangan kesempatan untuk tampil melawan Prancis di pertandingan terakhir penyisihan grup. Beberapa kali ia membuat pelanggaran keras.

Letsholonyane: 7 - Perannya sebagai seorang gelandang tengah sebenarnya cukup meyakinkan. Operan-operannya cukup akurat membuka ruang bagi rekan-rekannya. Sayangnya tak ada satu gol yang bisa diraih Afrika Selatan dalam pertandingan kali ini.

Tshabalala: 5 - Salah satu pemain bintang Afrika Selatan di laga perdana melawan Meksiko ini ternyata tidak mampu mengeluarkan kemampuan serupa melawan Uruguay.

Modise: 5.5 - Gelandang mungil ini terlihat bergerak terlalu ke tengah lapangan padahal ketika itu timnya membutuhkan jasa pemain ini lebih bermain lebih melebar.

Pienaar: 5 - Kurang bisa tampil maksimal dengan sedikit memberikan kesempatan dalam membuka ruang kepada rekan-rekannya di depan.

Mphela: 6 - Kawalan yang ketat kepadanya membuat penampilannya tak bisa banyak berkembang di babak pertama. Namun ia tetap berusaha untuk tampil lebih baik di babak berikutnya.

Pengganti:

Moriri: 5 : Bukan pemain yang cukup pas untuk dimasukkan, terutama untuk bisa menyumbangkan gol.

Josephs: 5 : Kurang bertenaga untuk bisa menghalau penalti Forlan.


URUGUAY

Muslera: 6 - Penampilannya cukup efektif dalam menentukan posisi untuk meredam serangan-serangan lawan.

Maxi Pereira: 6 - Bermain cukup solid, terutama dalam menjaga tugas di sisi belakang sebelah kanan.

Lugano: 6.5 - Ia cukup ampuh meredam Mphela. Pemain ini juga sempat membuang sebuah kesempatan emas untuk menggenapkan keunggulan bagi timnya.

Godin: 6 - Penampilannya yang cukup tenang dalam mematikan pergerakan Mphlea. Ia juga menjadi pelapis di lini belakang, terutama tampil begitu efektif dalam menghalau setiap bola yang masuk ke arah kotak penalti.

Fucile: 7 - Salah satu pemain belakang Uruguay yang cukup menonjol. Tackling yang dilakukannya juga cukup baik.

Perez: 7 - Penampilannya yang tak kenal kompromi dalam duel di lapangan tengah. Ia juga memainkan peran penting terhadap penampilan Uruguay secara menyeluruh.

Alvaro Rios: 7 - Sepertinya Perez, ia juga cukup berperan besar dalam mematikan ruang gerak para pemain Afrika Selatan di lapangan tengah.

Alvaro Pereira: 7 - Cukup apik dalam bahu membahu dengan Fucile. Ia bisa menjadi pelapis dalam meredam serangan pemain-pemain Afrika Selatan.

Forlan: 8 - Salah satu pemain yang cukup memberikan peran besar bagi kemenangan Uruguay. Meski perannya agak sedikit ditarik ke belakang, namun ia tetap mampu menjadi mesin gol yang produktif.

Cavani: 6 - Beberapa sentuhan bola darinya cukup apik, sayang tak ada yang bisa membuahkan gol dari kakinya.

Suarez: 8 - Striker Ajax ini begitu dinamis bergerak dalam merusak pertahanan lawan. Meski tidak ada membuat gol, namun ia memiliki peran cukup besar bagi terjadinya dua gol Uruguay.

Pengganti:

Alvaro Fernandez: 5 - Tak bisa berbuat banyak dalam memberikan kontribusi di lapangan tengah.

Sebastien Fernandez: N/A

Gargano: N/A
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger