Home » » hasil : italy 1-1 paraguay

hasil : italy 1-1 paraguay

Written By Haris Ahmad on Tuesday, June 15, 2010 | 1:00 PM

Juara Bertahan Piala Dunia Tertinggal 0-1


Italia dan Paraguay harus puas dengan poin satu setelah menuntaskan duel mereka di Green Point Stadium, Selasa (15/6) dinihari WIB, dengan hasil imbang 1-1.

Hasil itu membuat peluang Italia mempertahankan gelar juara Piala Dunia 2006 menjadi sedikit lebih berat. Setidaknya, mereka harus meraih poin penuh di dua laga sisa.

Skenario yang sama juga diperuntukkan bagi Paraguay jika ingin melenggang ke babak berikutnya.

Ada pun Italia dan Paraguay masih harus menunggu laga antara Selandia Baru dan Slovakia malam nanti untuk bisa mengetahui secara pasti posisi mereka di klasemen Grup F.

Jalannya Pertandingan

Bermain di bawah guyuran hujan di Cape Town, kedua tim langsung bermain ngotot. Namun peluang pertama baru tercipta ketika laga memasuki menit ke-22.

Adalah Ricardo Montolivo yang mendapat kesempatan membawa Italia memimpin, jika saya bola yang berhasil dicurinya dari pemain belakang Paraguay tidak diarahkannya ke arah dekapan kiper Justo Villar.

Nelson Valdez langsung membalas beberapa saat kemudian. Akan tetapi bola sundulannya masih melebar dari gawang Gigi Buffon.

Di menit 29, Antolin Alcaraz membuat penyeamatan genting dengan menghalau bola yang berada di depan gawang Paraguay dengan sundulannya.

Alcaraz akhirnya membawa Paraguay memimpin di menit 39. Umpan tendangan bebas Aureliano Torres berhasil disundulnya ke gawang yang kosong. 1-0 untuk Paraguay dan skor itu bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Italia banyak menguasai bola. Namun gawang mereka nyaris kecolongan lewat tendangan Enrique Vera di menit 54, di mana bola hanya melebar tipis dari gawang Federico Marchetti yang masuk menggantikan Buffon di paruh kedua.

Di menit 63, Italia akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Berawal dari sepak pojok Simone Pepe, bola yang mengarah ke kotak penalti gagal ditinju Villar dan Daniele De Rossi langsung menyambar dengan sontekan kaki kanan. Skor menjadi 1-1.

Jonathan Santana hampir saja membawa Paraguay kembali memimpin dua menit pasca kebobolan jika saja bola hasil tendangan kaki kirinya lebih terarah ke gawang.

Alberto Gilardino juga nyaris membawa Italia memimpin dengan tendangannya di dalam kotak penalti. Akan tetapi, pemain belakang Paraguay dengan sigap menutup ruang tembak bomber Fiorentina itu di menit 71.

Di menit 79, Simone Pepe mencoba peruntungannya dengan melepas tendangan jarak jauh. Akan tetapi, Justo Villar masih sigap mengamankan gawangnya. Kiper Paraguay itu juga berhasil menghalau tendangan jarak jauh Montolivo yang mengarah ke gawangnya di menit 83.

Di lima menit waktu tersisa, Italia terus menekan pertahanan Paraguay. Peluang demi peluang terus tercipta, namun tak satu pun yang berujung pada gol. Skor 1-1 pun bertahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit Benito Archundia dari Meksiko.


Susunan Pemain:
Italia: 1-Gianluigi Buffon (12-Frederico Marchetti 45); 19-Gianluca Zambrotta, 5-Fabio Cannavaro, 4-Giorgio Chiellini, 3-Domenico Criscito; 22-Riccardo Montolivo, 6-Daniele De Rossi, 15-Claudio Marchisio (16-Mauro Camoranesi 59); 9-Vincenzo Iaquinta, 11-Alberto Gilardino (10-Antonio Di Natale 72), 7-Simone Pepe.

Paraguay: 1-Justo Villar; 6-Carlos Bonet, 14-Paulo Da Silva, 3-Claudio Morel, 13-Enrique Vera, 15-Victor Caceres, 16-Cristian Riveros, 17-Aureliano Torres (11-Jonathan Santana 60), 18-Nelson Valdez (9-Roque Santa Cruz 62), 19-Lucas Barrios (7-Oscar Cardozo 76), 21-Antolin Alcaraz.


ITALIA

Buffon: 6 – Tak bisa berbuat banyak ketika gawangnya digetarkan oleh Alcaraz. Namun demikian, sebelum Lippi tidak menurunkannya di babak kedua, penampilan Buffon cukup positif dalam menghalau sejumlah serangan dari Paraguay.

Zambrotta: 6 – Pemain bertahan ini lebih banyak bekerja keras dalam membantu serangan. Beberapa kali dari kakinya mengalir bola-bola yang kerap memberi kesempatan para pemain depan Italia untuk mencetak gol.

Cannavaro: 5.5 – Ia kurang cepat dalam mengantisipasi gol yang dibuat Alcaraz. Namun demikian setelah melewati masa cukup sulit, ia akhirnya bisa juga mengawal Barrios dengan baik.

Chiellini: 6 – Kerja kerasnya cukup baik, terutama dalam mengawal pergerakan Valdez.

Criscito: 5.5 – Terlihat masih kurang apik dan tenang dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pemain gelandang.

De Rossi: 7 – Pahlawan penyelamat Italia ini memberikan pengaruh cukup besar bagi rekan-rekannya. Satu gol yang disumbangkannya menjadi bukti yang tak terbantahkan.

Montolivo: 5.5 – Di babak kedua penampilan pemain ini sebenarnya sudah jauh lebih membaik terutama, namun di awal babak pemain ini masih terlihat canggung untuk dapat keluar dari kawalan ketat yang telah dilakukan Vera.

Marchisio: 5 – Ia harus digantikan Camoranesi. Beberapa kali kerap melakukan kesalahan tak penting, terutama dalam mengganjal lawannya.

Pepe: 7 – Selain De Rossi, pemain ini juga memberikan peran yang cukup besar bagi penampilan Italia. Ia cukup mampu membuat barisan belakang Paraguay kedodoran.

Gilardino: 5 – Penampilannya dinihari tadi seperti di bawah kemampuan terbaiknya. Ia terlihat kurang bisa memaksimalkan sejumlah peluang yang didapat.

Iaquinta: 5 – Beberapa kali terlihat pemain ini melakukan kesalahan pemahaman dengan Gilardino. Ia juga masih belum bisa menyumbang kontribusi besarnya bagi pertandingan ini.

Pengganti:

Marchetti: NA

Camoranesi: 4.5 – Beberapa kali terlihat melakukan pelanggaran keras.

Di Natale: NA


PARAGUAY

Villar: 6 – Penampilannya tidak terllau mengecewakan sekali. Beberapa kali sempat membuat penyelamatan penting meski akhirnya ia gagal dalam memblok bola hasil sepak pojok yang kemudian membuahkan gol ke gawangnya.

Bonet: 6 – Di babak pertama, pemain ini cukup tampil impresif dalam melakukan pengawalan terhadap pemain lawan. Sayang, agresifitas yang meningkat dari Italia selepas turun minum membuat pemain ini cukup kesulitan.

Da Silva: 7 – Ia cukup berperan besar dalam mematikan pergerakan pemain depan Italia.

Alcaraz: 7 – Satu gol yang dibuatnya di babak pertama memberikan hasil sangat positif buat rekan-rekannya. Ia juga apik memberikan pengawalan pada pemain Italia.

Morel: 6 – Ia sempat melakukan penyelamatan dari upaya Pepe yang ingin mencetak gol. Namun di babak kedua ia cukup mengalai kesulitan untuk keluar dari tekanan para pemain Italia.

Vera: 6.5 – Geliatnya yang cukup gesit membuat para pemain Italia cukup sulit mengatasi pergerakannya. Ia juga berperan besar bagi terciptanya gol Alcaraz.

Riveros: 6 – Pemain ini mengambil peran cukup penting di lapangan tengah Paraguay. Beberapa kali ia juga sempat memberikan tusukan ke jantung pertahanan Italia.

V Caceres: 7 – Satu lagi pemain Paraguay yang berperan cukup besar di lapangan tengah.  Penampilannya cukup sentral.

Torres: 5.5 – Sempat mengalami kesulitan dalam mengawal Pepe yang bergerak dinamis hingga membuat pelatih terpaksa menariknya ke luar lapangan selepas babak kedua.

Barrios: 6.5 – Ia cukup memberikan kerepotan bagi Cannavaro. Aksinya yang cepat juga sempat beberapa kali membuat ancaman ke gawang lawan.

Valdez: 7 – Penyerang Paraguay yang satu ini tampil sangat impresif. Ia juga harus membuat Chiellini bekerja ekstra keras mengawalnya.

Pengganti:

Santana: 6 – Menggantikan peran Torres, namun ia masih belum bisa memperlihatkan penampilan terbaiknya.

Santa Cruz: NA

Cardozo: NA
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger