Home » » Kejuatan Grup A, Meksiko Kandaskan Prancis (prancis 0-2 meksiko)

Kejuatan Grup A, Meksiko Kandaskan Prancis (prancis 0-2 meksiko)

Written By Haris Ahmad on Friday, June 18, 2010 | 8:44 AM

Kejuatan Grup A, Meksiko Kandaskan Prancis

Partai lanjutan dari Grup A menghadirkan kejutan. Finalis Piala Dunia edisi sebelumnya Prancis dikandaskan wakil Amerika Latin Meksiko dengan skor 2-0.
Pada laga yang digelar di Stadium Peter Mokaba, kota Polokwane, Jumat (18/6/2010) dinihari WIB, Prancis justru berada dalam bayang-bayang permainan Meksiko sejak menit awal. Tiga menit laga berjalan, Meksiko telah menghadirkan ancaman serius melalui Giovani Dos Santos yang sukses menerobos ke tengah kotak penalti. Beruntung bagi Prancis tendangan jarak dekat Dos Santos masih membentur tiang gawang plus sang pemain berada dalam posisi off side.
Di menit ke delapan giliran Vela yang memiliki peluang bersih dengan menguasai bola di kotak penalti. Sayang tendangannya masih melambung diatas gawang Hugo Lloris.
Prancis benar-benar dibuat tertekan dengan kecepatan yang diperagakan pemain-pemain Meksiko. Dan kembali Meksiko memiliki peluang dimenit ke 28. Carlos Salcido berhasil merangsek masuk melalui sektor kanan dan melepas tembakan keras tepat ke gawang. Namun kali ini Lloris cukup sigap memblok bola dan menggagalkan peluang tersebut.
Meksiko masih terus menghadirkan ancaman bagi Prancis. Sementara Franck Ribery cs masih nampak kesulitan membongkar pertahanan berlapis dari Meksiko. Namun hingga akhir babak pertama kedudukan masih tetap sama kuat 0-0.
Di awal babak kedua Prancis berhasil memperbaiki permainan dan keluar dari tekanan Meksiko. Les Blues berhasil mengadirkan ancaman pertama pada menit ke 51 melalui Florent Malouda yang berhasil melepas tembakan keras dari luar kotak penalti. Beruntung kiper Oscar Perez berhasil melakukan aksi gemilang, selamatlah gawang Meksiko.
Ketika pertandingan nampak berimbang, Prancis justru seakan melupakan pertahanan. Dimenit ke 64 dari sebuah umpan lambung Marquez, Hernandez berhasil lolos dari perangkap off-side yang diterapkan William Gallas cs. Kini Hernandez yang berlari sendirian dan tinggal berhadapan dengna Lloris tanpa kesulitan mengecoh sang kiper sebelum akhirnya mengoyak gawang Prancis. 1-0 Meksiko memimpin.
Derita Prancis semakin bertambah ketika pada menit ke 78 sebuah akselerasi Barrera yang berhasil menerobos ke kotak penalti gagal di blok Eric Abidal. Abidal justru sangat jelas mengganjal kaki Barrera di kotak terlarang. Alhasil wasit tanpa ampun menunjuk titik putih plus sebuah kartu kuning bagi Abidal.
Blanco yang ditunjuk sebagai eksekutor nampak begitu percaya diri dengan melepas tembakan ke pojok kanan bawah yang gagal diantisipasi Lloris. Kedudukan 2-0 bertahan hingga akhir laga.
Dengan hasil ini, peluang Prancis untuk lolos semakin sempit. Prancis berada di urutan ketiga Grup A dengan satu poin dari dua laganya. Sementara Meksiko yang punya poin sama dengan Uruguay yaitu empat berada di posisi kedua karena kalah selisih gol.
Di partai terakhir Prancis bakal menghadapi Afsel dan Meksiko akan menjamu Uruguay.
Susunan pemain:
Prancis
 Lloris; Abidal, Gallas, Sagna, Evra; Toulalan, Diaby, Malouda, Ribery; Govou / Valbuena (69′), Anelka / Gignac (46′).
Meksiko Perez; Marquez, Rodriguez, Salcido, Moreno; Torrado Juarez / Hernandez (55′), Osorio; Dos Santos, Vela / Barrera (32′), Franco / Blanco (62′).


PRANCIS

Lloris: 6 – Bekerja keras untuk mengamankan bola back pass konyol yang sering dilakukan pemain belakang. Terlalu kasar atas terjadinya gol pertama Meksiko.

Sagna: 5 – Tidak mampu mengimbangi pergerakan rekan satu klubnya, Carlos Vela sebelum ditarik keluar. Menjadi kelemahan Prancis, karena sektor kanan mudah ditembus pemain Meksiko, terutama di babak pertama.

Abidal: 4,5 – Performa buruk diperlihatkan bek kiri Prancis ini. Menjadi penyebab terjadinya penalti yang membuat Prancis tertinggal dua gol. Pemain berpengalaman seperti Abidal harusnya bisa bermain lebih baik.

Gallas: 5 – Kembali memperlihatkan permainan yang buruk. Kalah adu lari dengan pemain depan Meksiko, sekalipun berada di belakangnya. Melakukan back pass buruk yang bisa mengancam gawang sendiri.

Evra: 5,5 – Kapten Prancis ini terlihat menangi ketika lagu kebangsaan dinyanyikan. Memperlihatkan performa meyakinkan di awal babak pertama. El Tri jarang melakukan serangan di sektor kiri.


Toulalan: 6 – Mampu bangkit setelah bermain buruk, dan sering kehilangan bola dengan mudah. Kendati demikian, Toulalan sedikit berkembang di babak kedua. Kartu kuning yang didapatnya membuat dia absen di pertandingan terakhir.

Diaby: 5,5 – Lebih baik dibandingkan pertandingan pertama, namun tidak terlalu maksimal. Hanya sesekali turut membantu serangan, mengingat ia ditempatkan ke posisi lebih ke dalam oleh Domenech.

Govou: 5 – Patut disalahkan atas performa buruknya, sehingga Meksiko bisa merajalela di sektor kanan. Hampir tidak pernah ikut membantu serangan. Performa yang mengecewakan telah diperlihatkan pemain ini.

Ribery: 5 – Salah satu bintang Prancis yang meredup di Piala Dunia kali ini. Mendapat tugas baru di belakang striker tidak menjadikan Ribery tampil impresif di pertandingan ini.

Malouda: 6 – Mendapat peran penuh untuk lebih bergerak leluasa, dan mampu menghadirkan ancaman di pertahanan Meksiko, terutama di babak kedua. 

Anelka: 5 – Tidak nyaman dengan penempatan posisinya sedikit lebih ke tengah oleh Domenech. Anelka kehilangan kreativitas di sektor depan, dan beberapa kali salah pengertian dengan pemain tengah.

Pemain Pengganti

Gignac: 5 – Dimasukkan menggantikan Anelka untuk menambah daya dobrak Prancis. Pergantian pemain yang sia-sia, karena tak terlalu memberikan pengaruh terhadap permainan.

Valbuena: 5 – Tampil bagus di laga uji coba, tapi mengalami penurunan di ajang sesungguhnya.

MEKSIKO

Perez: 6,5 – Tidak terlalu bekerja keras di pertandingan ini. Hanya sekali melakukan penyelamatan ketika mengantisipasi tendangan Malouda.

Osorio: 7,5 – Bermain disiplin dan solid menggalang pertahanan. Tidak ada ancaman berbahaya dari pemain Prancis di sektor kanan Meksiko.

Moreno: 7,5 – Salah satu pemain yang membuat Prancis terlihat mandul di laga ini. Hampir tidak pernah bekerja keras menahan serbuan Prancis. Ini disebabkan dia pintar mengambil posisi.

Rodriguez: 7,5 – Beberapa kali melakukan pelanggaran terhadap pemain Prancis. Namun performanya patut diacungi jempol. Pintar mengkoordinasi pertahanan, sehingga gawang Meksiko jarang mendapat ancaman.

Salcido: 8 – Performa luar biasa diperlihatkan bek kiri ini. Rajin membantu serangan, dan efektif di pertahanan, karena jarang mendapat ancaman serius dari Gouvo.

Juarez: 6,5 – Sempat bekerja keras menghentikan pergerakan Malouda di aal babak kedua. Tidak terlalu sering naik membantu serangan.

Marquez: 8 – Salah satu pemain Meksiko yang tampil brilian. Sempat gugup di awal laga, namun bisa memperbaikinya. Umpan-umpanya, termasuk kepada Hernandez membuat Meksiko bermain nyaman.

Torrado: 7 – Gelandang enerjik ini membuat pemain Prancis tidak mendapatkan waktu istirahat sedikit pun untuk bernafas. Perannya cukup besar di sektor tengah pada babak kedua.

Dos Santos: 7,5 – Menikmati penampilannya sepanjang Piala Dunia ini. Mendukung Franco dengan baik, cepat ikut membantu serangan, dan jarang menemui kesulitan dari pertahanan Prancis.

Franco: 7,5 – Rajin membantu lini tengah dan pertahanan, pemain ini seperti tidak pernah kehabisan tenaga. Memaksa Abidal jatuh bangun menjaga pertahanannya.

Vela: 7 – Mendatangkan malapetaka bagi kedua rekannya di klub, Sagna dan Gallas sebelum akhirnya terpaksa ditarik keluar karena mendapat cedera. Sempat melepaskan tembakan yang melebar dari gawang Prancis.

PEMAIN PENGGANTI

Barrera: 7 – Masuk menggantikan Vel di babak pertama, Barrera tampil tidak mengecewakan. Terpaksa dijatuhkan Abidal yang membuat Meksiko mendapatkan hadiah penalti.

Hernandez: 8 – Tampil luar biasa di laga ini, terutama pada 35 menit terakhir. Menyumbang satu gol kemenangan Meksiko.

Blanco: 7,5 – Pemain boleh saja sudah veteran, tapi umpannya masih bagus. Bukan hanya kontribusi terhadap permainan Meksiko, namun juga turut andil dalam kemenangan El Tri.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger