Home » » Bekap Nigeria, Yunani Jaga Asa (Yunani 2-1 NIgeria)

Bekap Nigeria, Yunani Jaga Asa (Yunani 2-1 NIgeria)

Written By Haris Ahmad on Friday, June 18, 2010 | 8:39 AM

Bekap Nigeria Yunani Jaga Asa


Kekalahan 0-2 dari Korea Selatan dibayar lunas Yunani di laga kedua penyisihan Grup B. Menghadapi Nigeria di Stadion Vodacom Park, Kamis (17/6) Yunani menang 2-1. Ini merupakan kemenangan pertama Yunani di Piala Dunia sepanjang sejarah. 

Hasil ini membuat Yunani menjaga peluang lolos ke babak selanjutnya. Tim asuhan Otto Rehhagel tersebut kini telah mendulang tiga angka dari dua laga yang dimainkan. Untuk memastikan lolos, Yunani butuh kemenangan atas Argentina di pertandingan terakhir. Argentina sendiri saat ini memimpin klasemen Grup B dengan nilai enam setelah menang 4-1 atas Korea Selatan dan hanya butuh hasil imbang melawan Yunani untuk memastikan tiket 16 besar dalam genggaman. 

Sedangkan bagi Nigeria, kekalahan ini makin menyulitkan langkah mereka. Tim asuhan Lars Lagerback ini belum mendapat satu pun nilai dari dua laga yang dimainkan dan berada di posisi juru kunci. Untuk lolos, Nigeria butuh kemenangan atas Korea Selatan di pertandingan terakhir. 

Melawan Yunani, Nigeria unggul lebih dulu saat pertandingan memasuki menit ke-16 melalui Kalu Uche. Tendangan bebasnya mampu melewati pagar betis pemain Yunani dan menaklukan kiper Alexandros Tzorvas. 

Namun, permainan berbalik saat Nigeria harus bermain dengan 10 orang setelah Sani Kaita mendapat kartu merah. Kalah jumlah pemain membuat Nigeria tidak mampu lagi mendominasi pertandingan. 

Yunani sendiri mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk balik menekan Nigeria. Satu menit menjelang jeda, serangan Yunani membuahkan hasil ketika Dimitris Salpangidis sukses menjebol gawang Nigeria yang dikawal Vincent Enyeama. 

Yunani memastikan kemenangan menit ke-71 melalui gol Vassilis Torosidis. Gol ini terjadi karena kesalahan Enyeama menahan bola tendangan jarak jauh pemain Yunani. Bola muntah tersebut langsung diserbot Torosidis untuk menjebol gawang Nigeria dan memastikan kemenangan Yunani 2-1. 





YUNANI

Alexandros Tzorvas - 6
Gagal membaca arah bola tembakan bebas Kalu Uche, dengan lebih terpengaruh gerakan Odemwingie. Namun dengan cepat memperbaiki performanya. Ia melakukan penyelamatan satu tangan, saat menggagalkan tembakan Yakubu.

Sotirios Kyrgiakos - 6.5
Stopper Liverpool ini piawai menghalau bola-bola atas, tapi tidak bisa menanduk bola ke sasaran.

Avraam Papadopoulos - 7
Membuat pertahanan Yunani amat kokoh, terutama saat harus menutup kecepatan serangan balik Nigeria.

Sokratis Papastathopoulos - 6
Dikorbankan untuk Samaras di awal laga, karena Yunani harus menyerang Nigeria yang bermain dengan sepuluh orang.

Vasilis Torosidis - 7.5
Kali ini Torosidis memberi dampak luar biasa bagi upaya Yunani meraih kemenangan. Ia selalu berada di tempat yang tepat pada saat yang tepat, untuk mencetak gol kedua Yunani. Ia juga melepas sejumlah umpan silang mengesankan.

Loukas Vyntra - 6.5
Kurang menderita dibanding saat melawan Korsel. Ia menjadi suplemen saat Yunani menyerang.

Kostas Katsouranis - 7.5
Banyak kemajuan dibanding saat laga pertama. Ia berbahaya di lapangan tengah, dan kreatif menciptakan bahaya di kotak penalti lawan.

Alexandros Tziolis - 7.5
Dialah arsitek gol kedua. Tembakan jarak jauhnya yang keras memaksa Enyeama membuat kesalahan.

Giorgos Karagounis - 7
Sang kapten menjalankan tugasnya dengan hebat. Ia menjadikan lapangan tengah Yunani benar-benar kreatif, dan kerap mengancam gawang Nigeria lewat tembakan jarak jauh.

Theofanis Gekas - 6
Gekas jarang mengancam, sebelum Keita diusir keluar. Ia masih harus berjuang keras untuk penyelesaian akhir.

Dimitrios Salpingidis - 8
Tak keliru jika Salingidis menjadi yang terbaik. Dia menuliskan namanya dalam sejarah sepakbola Yunani sebagai pencetak gol pertama untuk Si Elang di Piala Dunia.

Pemain Pengganti

Georgios Samaras - 5.5
Pergantian yang positif bagi Yunani, tapi Samaras masih belum bisa memperlihatkan diri sebagai penyerang berbahaya.


Sotiris Ninis - 6
Terlambat dimasukan membuat Ninis tidak bisa memperlihatkan kualiasnya. Yang sempat ia lakukan adalah memperlihatkan kecepatnnya. Jika Yunani lolos ke babak kedua, Ninis akan mendapat kesempatan bermain lebih banyak.


NIGERIA

Vincent Enyeama - 9
Jika saja laga berakhir seri, atau Nigeria menang, Enyeama adalah bintang laga pertandingan itu. Ia memperlihatkan penampilan mengesankan dengan menggagalkan banyak peluang Yunani. Jika gol kedua Yunani dianggap kesalahannya sangat tidak fair. Itu bukan penyelamatan mudah, karena bola sengat keras. Usai laga ia menangis, karena performa mengesankannya tak membuat Nigeria menang.

Danny Shittu - 7
Ia seperti kelebihan berat badan. Tidak. Ia piawai menetralisir ancaman Yunani dari udara.

Joseph Yobo - 5.5
Yogo tampil tidak sebagus saat menghadapi Argentina. Ia beberapa kali melakukan uncharacteristic errors, dan tandukannya salah sasaran yang membuat Gekas mencetak gol kedua.

Taye Taiwo - 6
Tidak banyak naik ke atas sejak Kaita diganjar kartu merah. Ia cedera di babak kedua.

Chidi Odiah - 6.5
Tidak ada keluhan untuk Odiah, yang terus berupaya menciptakan peluang di pertahanan Yunani. Sayang, ia gagal melakukannya.

Dickson Etuhu - 6
Gelandang yang satu ini bermain terlalu ke dalam di lini tengah, dan tidak banyak memenangkan pertarungan.

Sani Kaita - 2
Layak mendapat kartu merah atas kebodohannya menendang lutut Torosidis. Publik Nigeria dan Lagerback pasti merasa timnya bisa menang jika Kaita tidak melakukan kebodohan ini.

Lukman Haruna - 6
Dialah yang harus bekerja keras ketika Kaita diganjar kartu merah. Ia mengejar pemain Yunani sepanjang laga.

Peter Odemwingie - 6
Pers menyebutnya calon bintang Piala Dunia 2010, tapi performnya biasa-biasa saja. Meski demikian dialah yang membuat Tzorvas kebingungan saat Uche melepas tembakan bebas.

Yakubu Aiyegbeni - 6.5
Striker Everton ini cukup bekerja keras sepanjang laga, tapi sayang satu kesempatan menyamakan kedudukan gagal.

Kalu Uche - 6.5
Ia mencetak soft goal lewat tembakan bebas, karena penjaga gawang Yunani melakukan kesalahan.

Pemain Pengganti

Chinedu Obasi - 6
Satu-satunya kesalahan Obasi adalah tidak menembak saat kesempatan pertama tiba. Kesalahan yang biasa terjadi bagi seorang striker, bahkan yang terhebat sekali pun.

Uwa Echiejile - 6
Ia pemain pengganti yang turun untuk diganti.

Afolabi - 6
Hanya punya sedikit waktu untuk memperlihatkan kualitasnya.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger