Home » » Lupakan obat flu, inilah cara alami atasi Influenza!

Lupakan obat flu, inilah cara alami atasi Influenza!

Written By Haris Ahmad on Saturday, July 3, 2010 | 8:40 AM

Cara Alami Atasi Flu

CARA penyembuhan alami untuk mengatasi flu sampai sekarang masih populer dan banyak dicoba. Pasalnya, obat-obat modern sampai sekarang belum mampu menyembuhkan penyakit yang satu ini. Beberapa obat antiviral bisa mencegah dan mempersingkat lama waktu derita flu.

Tetapi, sebagian besar obat hanya bisa meredakan gejala untuk sementara waktu. Cara-cara penyembuhan alami ada juga yang hanya meredakan gejala untuk sementara waktu. Ada juga yang benar-benar akan membuat Anda merasa jauh
lebih baik. Dari beberapa cara penyembuhan alami berikut, Anda bisa melihat dan memilih penyembuhan mana yang paling menjanjikan.

Echinacea 

Echinacea merupakan suplemen herbal yang bisa meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh. Tetapi, masih belum jelas apakah suplemen ini benar-benar membantu memerangi flu. Beberapa penelitian tidak menemukan keuntungan tetapi satu studi baru-baru ini memberi gambaran yang lebih positif.

Partisipan yang menggunakan echinacea mengalami pengurangan lama waktu alami flu hingga 1.4 hari. Jika ingin mencoba, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Seng

Beberapa studi menunjukkan bahwa seng mengandung zat-zat antiviral. Selain itu, ada juga bukti yang menunjukkan kalau mineral bisa mencegah pembentukan protein yang digunakan oleh virus flu untuk memperbanyak diri. Efektivitas seng tergantung bentuk penggunaannya.

Sebuah penelitian menunjukkan, obat batuk yang mengandung seng sama sekali tidak mempengaruhi rentang waktu alami flu. Tetapi, gel seng untuk hidung (Zinc nasal gel) menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Vitamin C

Manfaat vitamin C dalam membasmi flu sampai saat ini belum jelas. Beberapa studi menunjukkan kalau vitamin C bisa mempersingkat waktu alami flu. Beberapa studi yang lain juga menunjukkan kalau vitamin C bisa mencegah flu. Bahkan, dalam studi yang lebih besar, penderita flu pulih lebih cepat setelah mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah besar (8000 miligram) pada hari hari pertama flu. Tetapi, mengkonsumi lebih dari 2000 miligram vitamin C per hari bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal dan diare.

Sup ayam

Sup ayam tidak hanya enak dimakan tetapi juga bermanfaat dalam mengatasi flu. Sup ayam bisa membantu mengatasi gejala flu dengan berbagai cara. Menghisap uap panasnya bisa melegakan saluran pernapasan. Cairan sup bisa mencegah terjadinya dehidrasi.

Beberapa pakar juga menyatakan kalau sup bisa meredakan peradangan. Dari hasil percobaan laboratorium , para peneliti telah menemukan adanya kandungan anti peradangan di dalam sup. Tetapi, masih belum jelas apakah hal ini benar-benar bisa
menyembuhkan flu.

Teh Panas

Minum teh mempunyai beberapa khasiat yang sama dengan sup. Menghirup uap pansnya akan melegakan saluran pernapasan, sedangkan cairan air panas itu sendiri bisa melegakan tenggorokan dan menjaga tubuh tidak kekurangan cairan. Teh hitam dan teh hijau lebih disarankan. Selain manfaatnya di atas, kedua teh ini juga kaya akan antioksidan.

Hot Toddy

Hot toddy merupakan terapi flu yang bisa dilakukan pada malam hari. Anda mungkin tidak ingin minum teh hitam sebelum tidur. Jadi, sediakan secangkir teh herbal panas. Tambahkan satu sendok madu, sedikit wiski dan perasan jeruk lemon. Campuran
ini bisa meredakan hidung mampet, melegakan tenggorokan dan membuat tidur lebih nyenyak. Tetapi, batasi jumlah toddy panas Anda, terlalu banyak alkohol bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih

Kemampuan bawang putih sebagai pembasmi kuman telah melegenda. Walaupun belum ada penelitian yang menunjukkan kalau bawang putih efektif mengatasi flu, tetapi bawang putih merupakan makanan yang bernutrisi. Selain itu, bawang putih juga bisa menambah rasa makanan saat flu membuat semua makanan terasa hambar.

Berkumur dengan air lobak

Lobak berfungsi mencairkan mucus pada pada saluran pernapasan. Anda bisa melakukannya dengan berkumur menggunakan air dicampur dengan lobak dan madu.

Uap/pelembab udara

Anda bisa masuk ke ruang pelembab udara seperti sauna untuk mendapatkan uap dalam jumlah besar. Atau, anda bisa memilih cara sederhana dengan duduk di kamar mandi dengan pitu tertutup serta menjalankan shower panas. Menghirup napas dalam
lingkungan beruap bisa memecahkan kemampatan di saluran pernapasan. Ini bisa meredakan hidung tersumbat atau hidung berair.

Tetesan air garam 

Tetesan air garam bisa mengangkat virus dan bakteri yang ada di hidung sehingga bisa mengurangi hidung mampet. Anda bisa memilih produk jadi yang tersedia di toko obat atau bisa membuat sendiri. Anda bisa mencampur air hangat dengan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh tepung soda. Teteskan ke dalam kedua hidung 2-3 kali sehari.

Salep mentol

Kulit di sekitar lobang hidng bisa tegores dan teriritasi karena sering digosok atau dibersihakan. Untuk mengatasinya, oleskan salep mentol di bawah hidung. Salep mentol mempunyai kandungan yang bisa meredakan sakit pada kulit yang tergores. Selain itu, menghirup uap yang mengandung mentol bisa membantu membuka saluran pernapasan yang terblok.

Disamping itu, bisa juga meredakan batuk akibat flu. Tetapi, hati-hati jika menggunakan pada anak-anak. Pastikan anak Anda sudah berusia di atas 2 tahun.

Berkumur dengan air garam 

Berkumur dengan air garam merupakan cara yang tradisional. Tetapi, cara ini efektif meredakan sakit pada tenggorokan. Berkumur dengan campuran air garam hangat 4 kali sehari bisa menjaga kelembaban tenggorokan yang terluka.

Nasal strip

Cara lain untuk meredakan hidung mampat terutama pada malam hari adalah dengan menggunakan nasal strip (sejenis plester yang bisa ditempel di hidung). Strip ini berfungsi membuka saluran pernapasan. Walaupun tidak bisa melegakan hidung sepenuhnya, tetapi bisa memperluas ruang saluran udara.

Demam 

Demam merupakan cara penyembuhan alami. Kenaikan suhu tubuh secara aktif akan melawan flu. Hal ini karena kenaikan suhu membuat kuman penyebab flu tidak bisa bertahan hidup. Demam sedang dalam beberap hari akan membuat Anda merasa lebih baik. Tetapi, pastikan agar Anda tidak kekurangan cairan.

Tidur

Dengan segala rutinitas, kita hampir tidak punya waktu untuk tidur. Sediakan waktu untuk tidur dan beristirahat. Istirahat yang cukup bisa melawan kuman secara langsung. Selain itu, sangat penting untuk menjaga kehangatan tubuh. Hal ini akan
membantu sel-sel imun untuk melawan kuman. 
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger